Kacamata (The Spectacles ~ Edgar Allan Poe)
Kisah
saya mengharuskan saya untuk sedikit lebih cermat. Saya masih sangat muda —belum
berusia dua puluh dua. Nama saya, saat ini, sangat umum dan agak plebeian2
—Simpson. Saya katakan ‘saat ini’, karena baru-baru ini saja saya dipanggil begitu
--setelah secara resmi mengadopsi nama keluarga ini dalam setahun terakhir
untuk menerima warisan besar yang ditinggalkan oleh seorang kerabat laki-laki
jauh saya, Adolphus Simpson, Esq3. Warisan itu diberikan kepada saya
yang mengambil nama pewaris, --nama keluarga, bukan nama Kristen; nama Kristen
saya adalah Napoleon Bonaparte-- atau, lebih tepatnya, ini adalah nama pertama
dan tengah saya.
Saya
memilih nama itu, Simpson, dengan sedikit enggan, seperti nama keluarga saya
yang sebenarnya, Froissart, saya merasakan kesombongan yang bisa dimaafkan
--percaya bahwa saya bisa melacak garis keturunan saya sampai ke penulis Chronicles4.
Kembali ke soal nama, omong-omong, saya bisa menyebutkan kemiripan nama yang
aneh yang menyertai nama-nama beberapa leluhur saya. Ayah saya adalah Monsieur
Froissart, dari Paris. Istrinya --ibu saya, yang dinikahinya pada usia lima
belas-- adalah Mademoiselle Croissart, putri sulung keluarga Croissart, seorang
bankir, yang istrinya, lagi-lagi, baru berusia enam belas saat menikah, adalah
putri sulung Victor Voissart. Monsieur Voissart, kebetulan, menikahi seorang perempuan
dengan nama yang mirip --Mademoiselle Moissart. Dia juga masih anak-anak ketika
menikah; dan ibunya, juga, Madame Moissart, baru berusia empat belas ketika
dituntun ke altar. Pernikahan dini seperti ini lazim di Prancis. Jadi, di sini
ada Moissart, Voissart, Croissart, dan Froissart, semuanya dalam satu garis
keturunan. Tapi, nama saya sendiri, seperti yang sudah saya katakan, berubah menjadi
Simpson, berdasarkan undang-undang, dan dengan begitu timbul rasa jijik dari keluarga
saya, sehingga, pada suatu periode, saya benar-benar ragu untuk menerima
warisan itu dengan syarat yang tidak penting dan menjengkelkan.
Mengenai
penampilan, saya sama sekali tidak kekurangan. Sebaliknya, saya yakin saya
bertubuh sempurna, dan memiliki apa yang sembilan dari sepuluh orang di dunia akan
menyebutnya tampan. Tinggi badan saya seratus enam puluh. Rambut hitam dan
ikal. Hidung cukup bagus. Mata besar dan abu-abu; dan meskipun sebenarnya penglihatan
saya lemah sampai di taraf yang sangat mengganggu, tetap saja tidak ada cacat
yang patut dicurigai dari penampilan saya. Kelemahan itu sendiri, bagaimanapun,
selalu sangat mengganggu, dan saya sudah mencoba segala cara —kecuali memakai
kacamata. Karena masih muda dan tampan, saya tentu saja tidak menyukai
kacamata, dan dengan tegas menolak memakainya. Saya tidak tahu apa yang bisa begitu
merusak penampilan anak muda, atau memberi kesan sopan di wajah seseorang, kalau
bukan merasa sok suci dan tua. Kacamata,
di sisi lain, punya kesan sombong dan kepura-puraan. Sejauh ini saya sudah
berhasil sebaik mungkin tanpa keduanya. Tapi ada terlalu banyak detail kecil,
yang, bagaimanapun juga, tidaklah penting. Saya akan puas dengan mengatakan,
sebagai tambahan, bahwa kepribadian saya sanguin5, ceroboh,
bersemangat, antusias --dan sepanjang hidup saya, saya menjadi pemuja setia perempuan.
Suatu
malam di musim dingin yang lalu, saya memasuki sebuah tribun di Teater P---,
bersama seorang teman, Tuan Talbot. Saat itu sedang berlangsung pertunjukan
opera, dan pertunjukan adalah daya tarik yang sangat langka, sehingga tempat
itu sangat ramai. Tapi, kami berhasil mendapatkan kursi terdepan yang sudah
disediakan untuk kami, dan dengan sedikit usaha, kami berhasil masuk.
Selama
dua jam, teman saya, seorang penggemar fanatik musik, mencurahkan perhatiannya
sepenuhnya ke panggung; sementara itu, saya menghibur diri dengan mengamati
penonton, yang sebagian besar terdiri dari kalangan elit kota. Setelah puas
dengan itu, saya hendak mengalihkan pandangan saya kepada sang primadona6,
ketika pandangan saya tertahan dan terpaku pada sosok di salah satu tribun
pribadi yang luput dari pengamatan saya.
Seandainya
saya hidup seribu tahun lagi, saya tidak akan pernah melupakan emosi yang
begitu kuat saat saya memandang sosok itu. Sosok itu adalah sosok seorang perempuan,
sosok terindah yang pernah saya lihat. Wajahnya begitu jauh menghadap ke
panggung sehingga, selama beberapa menit, saya tidak bisa melihatnya —tapi
bentuknya begitu istimewa; tidak ada kata lain yang bisa menggambarkan
proporsinya yang luar biasa— bahkan istilah "istimewa" pun terasa
begitu lemah saat saya menuliskannya.
Keajaiban
sosok perempuan yang menawan —sihir keanggunan perempuan— selalu menjadi
kekuatan yang mustahil saya tolak, tapi di sini, keanggunan dipersonifikasi,
berinkarnasi, keindahan sempurna dari visi terliar dan paling antusias saya.
Sosok itu, yang hampir seluruhnya bisa dilihat dari penampilan luarnya, agak di
atas tinggi rata-rata, dan hampir mendekati, tanpa benar-benar mencapai,
keagungannya. Bentuk rok dan tournure7-nya yang
sempurna sungguh indah. Kepala yang hanya bagian belakangnya yang terlihat,
bentuknya seperti bentuk kepala Dewi Psyche8, dan lebih jelas
terlihat alih-alih disembunyikan oleh topi gauze aerienne9-nya
yang elegan, yang mengingatkan saya pada istilah ventum textilem10-nya
Apuleius11. Lengan kanannya menggantung di atas langkan kotak, dan
menggetarkan setiap syaraf tubuh saya dengan simetrinya yang indah. Bagian
atasnya terbungkus oleh salah satu lengan baju longgar yang sekarang sedang
tren. Lengan ini memanjang sedikit di bawah siku. Di bawahnya diberi manset
dalam dengan bahan yang lembut, pas, dan diakhiri dengan manset renda mewah,
yang jatuh dengan anggun di atas tangannya, memperlihatkan jari-jarinya yang
halus, yang di salah satunya berkilau cincin berlian, yang langsung saya tahu
sangat mahal. Pergelangan tangannya yang bulat dan mengagumkan itu dipertegas
dengan gelang yang melingkarinya, yang dihiasi dan dijepit aigrette12
permata yang megah yang menunjukkan, dengan kata-kata yang tidak terbantahkan,
kekayaan dan ketelitian pemakainya sekaligus.
Saya
menatap penampilan seperti ratu itu setidaknya selama setengah jam, seolah-olah
saya tiba-tiba berubah menjadi batu; dan, selama itu, saya merasakan kekuatan
dan kebenaran dari semua yang sudah dikatakan atau dinyanyikan orang tentang
"cinta pada pandangan pertama." Perasaan saya benar-benar berbeda
dari apa pun yang pernah saya alami sebelumnya, bahkan di hadapan perempuan cantik
yang paling terkenal sekalipun. Sebuah perasaan, yang saya sebut magnetis, dari
jiwa ke jiwa yang tidak terjelaskan, tampaknya membekukan, bukan hanya
penglihatan saya, tapi seluruh kemampuan berpikir dan perasaan saya, pada objek
mengagumkan di hadapan saya. Saya lihat —saya rasa— saya tahu bahwa saya jatuh
cinta dengan begitu mendalam, gila, dan tak tergoyahkan —dan ini bahkan sebelum
melihat wajah orang yang saya cintai itu. Begitu hebatnya gairah yang
menggerogoti saya, sehingga saya benar-benar yakin gairah itu tidak akan
berkurang bahkan kalau wajahnya, mengingat sampai sekarang belum terlihat,
terbukti biasa saja. Begitu anehnya sifat cinta sejati —cinta pada pandangan
pertama— dan begitu kecil kemungkinannya bergantung pada kondisi eksternal yang
tampaknya menciptakan dan mengendalikannya.
Sementara
saya terhanyut dalam kekaguman akan pemandangan indah itu, tiba-tiba sebuah
keributan di antara penonton membuatnya menoleh sedikit ke arah saya, sehingga
saya bisa melihat seluruh bentuk wajahnya. Keindahannya bahkan melampaui harapan
saya —tapi ada sesuatu yang mengecewakan saya tanpa saya bisa menjelaskannya
dengan tepat. Saya mengatakan ‘kecewa’, tapi kata itu tidak sepenuhnya tepat.
Perasaan saya langsung tenang dan meninggi. Perasaan itu tidak lagi memancarkan
kepasrahan, melainkan lebih merupakan perasaan yang tenang dalam kesunyian.
Perasaan itu mungkin muncul dari raut wajah Bunda Maria yang keibuan; tapi saya
langsung tahu bahwa perasaan itu tidak mungkin muncul sepenuhnya dari sini. Ada
hal lain —suatu misteri yang tidak bisa saya pahami— ekspresi wajahnya sedikit
mengganggu saya, tapi itu justru membuat saya semakin tertarik. Sebenarnya, saya
sedang berada dalam kondisi pikiran yang mempersiapkan seorang laki-laki muda
dan rapuh untuk sebuah tindakan yang berlebihan. Seandainya perempuan itu
sendirian, niscaya saya akan masuk ke biliknya dan mendekatinya dengan segala
cara; tapi, untungnya, dia ditemani oleh dua orang —seorang laki-laki, dan
seorang perempuan yang sangat cantik, yang tampaknya beberapa tahun lebih muda
darinya.
Saya
memikirkan seribu rencana agar saya bisa, setelah ini, mengenal perempuan yang
lebih tua itu, atau, untuk saat ini, setidaknya, melihat kecantikannya dengan
lebih jelas. Saya ingin sekali memindahkan posisi saya ke posisi yang lebih
dekat dengannya, tapi keramaian teater membuat hal ini mustahil; dan aturan
tidak tertulis soal fashion, akhir-akhir ini, secara imperatif melarang
penggunaan teropong dalam kasus seperti ini, bahkan seandainya saya cukup
beruntung memilikinya —tapi saya tidak memilikinya— dan karena itulah saya
merasa putus asa.
Akhirnya
saya terpikir untuk bertanya kepada teman saya.
"Talbot,"
kata saya, "kau punya teropong. Berikan padaku."
"Teropong!
Tidak! Menurutmu apa yang sedang kulakukan dengan teropongku?" Dia
berbalik dengan tidak sabar ke arah panggung.
"Tapi,
Talbot," lanjut saya, menarik bahunya, "dengarkan aku? Kau lihat tribun
itu? Di sana! Bukan, yang di sebelah sana. Pernahkah kau melihat perempuan
secantik itu?"
"Dia
sangat cantik, tidak diragukan lagi," katanya.
"Aku
ingin tahu siapa dia?"
"Astaga,
demi semua malaikat, kau tidak tahu siapa dia? 'Tidak mengenalnya berarti
dirimu kurang gaul.' Dia adalah Madame Lalande yang terkenal --perempuan paling
cantik, dan menjadi buah bibir seluruh kota. Sangat kaya juga --seorang janda,
dan calon istri yang ideal— yang baru saja datang dari Paris."
"Kau
mengenalnya?"
"Ya,
aku merasa terhormat."
"Maukah
kau mengenalkanku?"
"Tentu
saja, dengan senang hati. Kapan?"
"Besok,
pukul satu, aku akan mengunjungimu di B--"
"Bagus
sekali. Dan sekarang, tahan lidahmu, sebisamu."
Untuk
hal terakhir ini, saya terpaksa menuruti nasihat Talbot, karena dia tetap keras
kepala dan tidak menanggapi setiap pertanyaan atau saran lebih lanjut, dan
sepanjang sisa malam itu cuma menyibukkan diri dengan apa yang terjadi di atas
panggung.
Sementara
itu, saya terus menatap Madame Lalande, dan akhirnya beruntung bisa melihat
wajahnya dari depan secara penuh. Wajahnya sungguh indah —tentu saja, hati saya
sudah mengatakan ini sebelumnya, meskipun Talbot belum sepenuhnya meyakinkan
saya— tapi tetap saja, sesuatu yang tidak saya pahami akan tetap mengganggu
saya. Akhirnya saya menyimpulkan bahwa indra saya terkesan oleh aura
kesungguhan, kesedihan, atau, lebih tepatnya, kelelahan, yang mengambil sedikit
dari kemudaan dan kesegaran wajah itu, hanya untuk memberinya kelembutan dan
keagungan seperti malaikat, dan dengan demikian, tentu saja, bagi sifat antusias
dan romantis saya, meningkatkan ketertarikan saya sepuluh kali lipat.
Sementara
saya memanjakan mata, akhirnya saya menyadari, dengan penuh rasa gelisah,
dengan keterkejutan yang hampir tidak terasa akan perempuan itu, bahwa dia
tiba-tiba menyadari intensitas tatapan saya. Tapi, saya benar-benar terpesona,
dan tidak bisa menariknya kembali, bahkan sedetik saja. Dia memalingkan
wajahnya, dan lagi-lagi saya cuma melihat lekuk pahatan bagian belakang
kepalanya. Setelah beberapa menit, seolah didorong rasa ingin tahu untuk
melihat apakah saya masih memandangnya, dia perlahan-lahan memutar wajahnya dan
kembali menatap saya dengan tatapan tajam. Mata gelapnya yang besar langsung
terpejam, dan rona merah tua menyelimuti pipinya. Tapi betapa terkejutnya saya
saat menyadari bahwa dia tidak hanya tidak memalingkan kepalanya untuk kedua
kalinya, tapi dia justru mengambil kacamata dari ikat pinggangnya —mengangkatnya—membetulkannya—
lalu menatap saya melalui kacamata itu, dengan saksama dan penuh perhatian,
selama beberapa menit.
Seandainya
petir menyambar kaki saya, saya pasti akan lebih tercengang lagi —cuma
tercengang— tidak tersinggung atau jijik sedikit pun, meskipun tindakan
seberani itu pada perempuan lain mungkin akan menyinggung atau menjijikkan. Tapi,
semuanya dilakukan dengan begitu tenang —begitu acuh tak acuh—begitu santai— dengan
begitu jelas aura kesopanan yang tinggi, singkatnya —sehingga tidak ada sedikit
pun keangkuhan yang terlihat, dan satu-satunya perasaan saya yang timbul adalah
kekaguman dan keterkejutan.
Saya
mengamati bahwa, saat pertama kali mengangkat gelas, dia terlihat puas dengan
pemeriksaan sesaat terhadap diri saya, dan sedang menarik kembali alat itu,
ketika, seolah-olah terpikir untuk melakukan untuk kedua kalinya, dia
melanjutkannya, dan terus menatap saya dengan penuh perhatian selama beberapa
menit —setidaknya lima menit, saya yakin.
Tindakan
ini, yang begitu luar biasa di dalam sebuah teater Amerika, menarik perhatian
yang sangat umum, dan menimbulkan gerakan yang tidak jelas, atau bisik-bisik,
di antara penonton, yang sesaat membuat saya bingung, tapi tidak menghasilkan
efek yang terlihat pada wajah Madame Lalande.
Setelah
memuaskan rasa ingin tahunya —kalau benar begitu— dia menaruh gelasnya, dan
dengan tenang kembali memperhatikan panggung, profil kepalanya sekarang
menghadap ke arah saya, seperti sebelumnya. Saya terus memperhatikan. tanpa
henti, meskipun saya sepenuhnya menyadari kekasaran saya saat melakukannya. Tidak
lama kemudian saya melihat kepala itu perlahan mengubah posisinya, dan segera saya
yakin bahwa perempuan itu, sambil berpura-pura melihat panggung, sebenarnya
sedang memperhatikan saya dengan penuh perhatian. Tidak perlu dikatakan lagi
apa pengaruh tindakan perempuan yang begitu memikat itu terhadap pikiran saya
yang mudah terangsang.
Setelah
mengamati saya selama mungkin seperempat jam, objek hasrat saya yang cantik itu
berbicara kepada laki-laki yang menemaninya, dan sementara dia berbicara, saya
melihat dengan jelas, dari tatapan keduanya, bahwa percakapan itu merujuk kepada
saya.
Setelah
selesai, Madame Lalande kembali berbalik ke arah panggung, dan, selama beberapa
menit, tampak asyik dengan pertunjukan. Tapi, di akhir waktu itu, saya diliputi
kegelisahan yang ekstrem saat melihatnya membuka, untuk kedua kalinya, kacamata
dengan lensa ganda yang tergantung di sampingnya, sepenuhnya menghadap saya
seperti sebelumnya, dan, mengabaikan bisik-bisik penonton yang kembali
terdengar, mengamati saya, dari ujung kepala hingga ujung kaki, dengan sihir
yang sama. Ketenangan yang sebelumnya begitu menyenangkan sekaligus
membingungkan jiwa saya.
Tindakan
luar biasa ini, melemparkan saya ke dalam demam kegembiraan yang sempurna —ke
dalam kegilaan cinta yang absolut— lebih tepatnya membuat saya menjadi berani alih-alih
membuat saya bingung. Dalam intensitas kekaguman saya yang gila, saya melupakan
segalanya kecuali kehadiran dan keindahan agung dari pemandangan yang saya hadapi.
Sambil menunggu kesempatan, ketika saya pikir penonton sudah sepenuhnya
terhanyut dalam opera, akhirnya saya bertatapan dengan Madame Lalande, dan, untuk
sekejap, tidak salah lagi, sedikit membungkuk.
Wajahnya
memerah —lalu mengalihkan pandangannya— lalu perlahan dan hati-hati melihat
sekeliling, tampaknya untuk melihat apakah tindakan sembrono saya diperhatikan
orang —lalu mencondongkan tubuh ke arah laki-laki yang duduk di sampingnya.
Sekarang
saya merasakan kepedihan yang membara atas kekurangajaran yang sudah saya lakukan,
dan tidak menyangka akan segera terungkap, sementara bayangan pistol yang akan
ditembakkan esok hari melayang cepat dan tidak nyaman di benak saya. Tapi, saya
langsung merasa sangat lega ketika melihat perempuan itu cuma menyerahkan
selembar kertas drama kepada laki-laki itu, tanpa bicara. Pembaca mungkin
sedikit membayangkan keheranan saya —keheranan yang mendalam—kebingungan hati
dan jiwa saya yang mengigau— ketika, sesaat kemudian, setelah melirik sekilas
ke sekeliling, dia membiarkan matanya yang cerah menatap penuh dan mantap ke
arah mata saya, lalu, dengan senyum tipis, memperlihatkan deretan gigi
mutiaranya yang cemerlang, menganggukkan kepalanya dengan tegas, tajam, dan mantap.
Tidak
ada gunanya, tentu saja, untuk berkutat pada kegembiraan saya —pada kebahagiaan
saya— pada gairah hati saya yang tidak terbatas. Kalau ada manusia yang
tergila-gila dengan kebahagiaan yang berlebihan, itu adalah diri saya sendiri
saat ini. Saya jatuh cinta. Inilah cinta pertama saya —begitulah yang saya
rasakan. Ini adalah cinta yang agung —tidak terlukiskan. Ini adalah ‘cinta pada
pandangan pertama’; dan pada pandangan pertama, cinta itu dihargai dan dibalas.
Ya,
dibalas. Bagaimana dan kenapa saya harus meragukannya sedetik pun. Interpretasi
apa lagi yang bisa saya berikan pada tindakan seperti itu, dari seorang perempuan
yang begitu cantik --begitu kaya--jelas begitu berbakat--dari keturunan yang
begitu baik--dari posisi yang begitu tinggi di masyarakat-- dalam segala hal
yang begitu terhormat seperti yang saya rasakan dari Madame Lalande? Ya, dia
mencintai saya --dia membalas antusiasme cinta saya, dengan antusiasme yang
buta--tanpa kompromi--tanpa perhitungan--yang ditinggalkan-- dan sama sekali tidak
terbatas seperti cinta saya! Tapi, khayalan dan renungan yang nikmat ini
sekarang terganggu oleh jatuhnya tirai penutup. Para hadirin berdiri, dan
keributan seperti biasanya segera terjadi. Meninggalkan Talbot dengan segera, saya
berusaha sekuat tenaga untuk memaksa masuk lebih dekat dengan Madame Lalande.
Karena gagal dalam hal ini, karena kerumunan, akhirnya saya berhenti mengejarnya,
dan menyeret kaki saya pulang, menghibur diri dari kekecewaan saya karena tidak
sempat menyentuh ujung jubahnya, dengan membayangkan bahwa saya akan diperkenalkan
oleh Talbot, dengan cara yang semestinya, besok.
Esok
hari akhirnya tiba, artinya, hari itu akhirnya menyingsing dari tengah malam
yang panjang dan melelahkan, dan penuh ketidaksabaran, kemudian jam-jam hingga
"jam satu" terasa lambat, suram, dan tidak terhitung banyaknya. Tapi,
bahkan Stamboul13 pun, konon, ada ujungnya, dan penundaan panjang
ini pun berakhir. Jam berdentang. Saat gema terakhir berhenti, saya pergi ke
B-- dan menanyakan Talbot.
"Keluar,"
kata pelayan —pelayan Talbot.
"Keluar!"
jawab saya, terhuyung mundur enam langkah— "biar kukatakan kepadamu, kawan
baikku, bahwa hal ini sama sekali mustahil dan tidak mungkin, Tuan Talbot tidak
keluar. Apa maksudmu?"
"Tidak
ada, Tuan. Tuan Talbot tidak ada di rumah, itu saja. Beliau pergi ke S--,
segera setelah sarapan, dan meninggalkan pesan bahwa beliau tidak akan berada
di kota ini lagi selama seminggu."
Saya
berdiri terpaku, gemetar dan marah. Saya berusaha menjawab, tapi lidah saya
menolak tugasnya. Akhirnya saya berbalik, murka, dan dalam hati saya
menyerahkan Talbot dan seluruh keluarganya ke wilayah terdalam Erebus14.
Jelaslah bahwa orang yang saya anggap sebagai teman, il fanatico15,
sudah benar-benar melupakan janjinya kepada saya —melupakannya segera setelah
dibuat. Dia tidak pernah menepati janjinya. Tidak ada gunanya, maka, sambil
sekuat tenaga menahan kesal, saya berjalan dengan murung di jalan, menanyakan
pertanyaan-pertanyaan sia-sia tentang Madame Lalande kepada setiap kenalan laki-laki
yang saya temui. Dari jawaban-jawaban yang saya dengar, dia dikenal oleh semua
orang —secara sekilas saja— tapi dia baru beberapa minggu di kota ini, dan
karena itu, sangat sedikit yang mengaku mengenalnya secara pribadi. Beberapa
orang ini, karena tidak termasuk teman dekat saya, tidak bisa, atau tidak mau,
memperkenalkan saya dengannya melalui kunjungan resmi. Sementara saya berdiri
putus asa, berbincang dengan tiga orang teman tentang topik yang sangat menyita
perhatian saya, kebetulan topik yang sedang kami bicarakan itu sendiri melintas.
"Demi
Tuhan, itu dia!" seru salah satu dari mereka.
"Cantiknya
luar biasa!" seru yang kedua.
"Bidadari
di bumi!" seru yang ketiga.
Saya
menengok, dan di kereta kuda terbuka yang mendekati kami, berjalan perlahan,
duduklah sosok opera yang mempesona, ditemani oleh perempuan muda yang
menempati sebagian dari tempat duduknya.
"Temannya
juga berpakaian sangat bagus," kata salah satu dari tiga teman saya yang
berbicara lebih dulu.
"Menakjubkan,"
kata yang kedua, "masih sangat cantik, sungguh karya seni yang luar biasa.
Demi Tuhan, dia terlihat lebih cantik daripada ketika di Paris lima tahun lalu.
Masih cantik saja, —bukankah begitu, Froissart?— maksudku, Simpson."
"Tentu
saja!" kata saya, "dan kenapa tidak? Tapi dibandingkan dengan
temannya, temannya itu bagaikan cahaya kunang-kunang —cahaya bagi bintang
senja— kilasan cahaya— dibandingkan dengan cahaya Antares16.
"Ha!
ha! ha! Wah, Simpson, kau selalu punya cara yang luar biasa dalam menemukan
sesuatu --yang orisinal, maksudku." Dan di sini kami berpisah, sementara
salah satu dari trio itu mulai menyenandungkan vaudeville17
riang, yang cuma saya dengar sebagian liriknya --Ninon, Ninon, Ninon a bas --a
bas Ninon De L'Enclos18!
Tapi,
selama adegan singkat itu, satu hal sangat menghibur saya, dan itu memuaskan
hasrat yang menggebu-gebu. Saat kereta Madame Lalande melewati rombongan kami, saya
memperhatikan bahwa dia mengenali saya, dan lebih dari itu, dia menyalami saya,
dengan senyum seperti malaikat, tanpa usaha untuk menyembunyikannya.
Soal
perkenalan kami, saya terpaksa meninggalkan semua harapan sampai Talbot merasa
ingin untuk kembali dari desa. Sementara itu, saya dengan tekun mengunjungi
setiap tempat hiburan umum yang terhormat, dan, akhirnya, di teater, tempat
pertama kali saya melihatnya, saya merasa bahagia luar biasa bertemu dengannya
lagi, dan bertukar pandang dengannya sekali lagi. Tapi, hal ini baru terjadi
setelah dua minggu berlalu. Setiap hari, selama waktu itu, saya menanyakan
Talbot di hotelnya, dan setiap hari saya diliputi amarah yang meluap-luap oleh
ucapan ‘Belum pulang’ yang tidak henti-hentinya dari pelayannya.
Oleh
karena itu, pada malam yang sudah direncanakan, saya berada dalam kondisi yang
nyaris gila. Madame Lalande, kata orang, adalah orang Paris —baru saja tiba
dari Paris— mungkinkah dia tiba-tiba kembali? Kembali sebelum Talbot kembali —dan
mungkinkah dia akan hilang dari saya selamanya? Pikiran itu terlalu mengerikan
untuk ditanggung. Karena kebahagiaan masa depan saya dipertaruhkan, saya
memutuskan untuk bertindak dengan keputusan seorang laki-laki jantan.
Singkatnya, setelah drama berakhir, saya mengikuti perempuan itu ke
kediamannya, mencatat alamatnya, dan keesokan paginya mengirimkan surat yang
lengkap dan terperinci kepadanya, yang isinya saya mencurahkan seluruh isi hati
saya.
Saya
bicara dengan berani, bebas —dengan kata lain, saya bicara dengan penuh
semangat. Saya tidak menyembunyikan apa pun —bahkan tidak kelemahan saya. Saya
menyinggung suasana romantis pertemuan pertama kami —bahkan saling tatap yang
pernah kami lakukan. Saya bahkan mengatakan bahwa saya merasa yakin akan
cintanya, sementara saya menawarkan jaminan, dan intensitas pengabdian saya
sendiri, sebagai dua alasan atas tindakan saya yang sebenarnya tidak
termaafkan. Sebagai alasan ketiga, saya berbicara tentang ketakutan saya bahwa
dia mungkin akan meninggalkan kota sebelum saya sempat berkenalan secara resmi.
Saya menutup surat paling antusias yang pernah saya tulis, dengan pernyataan
jujur tentang keadaan duniawi saya —kemakmuran saya— dan menawarkan hati dan
tangan saya.
Dalam
penantian yang memilukan, saya menunggu balasannya. Setelah apa yang terasa
seperti seabad, surat balasan itu datang.
Ya,
benar-benar datang. Betapapun romantisnya semua ini, saya benar-benar menerima
surat dari Madame Lalande —Madame Lalande yang cantik, kaya, dan diidolakan
semua orang. Matanya —matanya yang indah, tidak mengkhianaai hatinya yang
mulia. Seperti perempuan Prancis sejati, dia mengikuti perintah akal sehatnya —dorongan
murah hati dari sifat alaminya— membenci kesopanan konvensional dunia. Dia
tidak meremehkan usul saya. Dia tidak diam saja. Dia tidak membalas surat saya
tanpa membukanya. Dia bahkan mengirimi saya balasan, surat yang ditulis oleh
jari-jarinya yang indah. Bunyinya begini:
"Monsieur
Simpson, mohon maaf kerana aku tidak menulis surat bagus sebaik mungkin. Aku
baru tiba terlambat, dan belum punya sempat untuk —l'etudier19."
"Denggan
permintaan maaf ini atas sikap aku, sekarang aku mengatakan itu, maaf! Monsieur
Simpson sudah tebak, tapi itu terlalu benar. Perlu aku bicara lebih banyak?
Maaf! Apa aku belum siap untuk bicara banyak?
"EUGENIE
LALAND."
Surat
yang mulia dan penuh semangat itu saya cium sejuta kali, dan, tidak diragukan
lagi, karena itu, saya melakukan ribuan hal sia-sia lain yang sekarang luput
dari ingatan saya. Talbot tetap tidak mau kembali. Aduh! Seandainya dia bisa
membayangkan penderitaan yang ditimbulkan oleh ketidakhadirannya pada temannya,
bukankah sifat simpatiknya akan langsung membuat saya lega? Tapi, dia tetap
tidak datang. Saya menulis surat. Dia menjawab. Dia tertahan karena satu urusan
mendesak --tapi akan segera kembali. Dia memohon kepada saya untuk tidak
terburu-buru --untuk mengendalikan emosi saya--untuk membaca buku-buku yang
menenangkan--untuk tidak minum minuman yang lebih keras dari Hock20--
dan untuk mencari penghiburan filsafat untuk membantu saya. Dasar orang bodoh! Kalau
dia tidak bisa datang sendiri, kenapa, demi segala hal yang rasional, dia tidak
mengirimkan surat pengantar? Saya menulis surat lagi kepadanya, memintanya
untuk segera mengirimkannya. Surat saya dikembalikan oleh seorang pelayan,
dengan catatan yang ditulis dengan pensil. Bajingan itu sudah bergabung dengan
tuannya di desa:
"Meninggalkan
S --kemarin, entah ke mana--tidak mengatakan ke mana--atau kapan akan kembali--
jadi saya pikir sebaiknya saya kembalikan surat ini, mengingat tulisan tangan
Anda, dan mengingat Anda selalu, kurang lebih, terburu-buru.
"Hormat
saya,
"STUBBS."
Setelah
itu, tidak perlu dikatakan lagi, saya langsung mengabdikan diri kepada
dewa-dewa neraka, baik tuan maupun pelayannya:
tapi kemarahan tidak ada gunanya, dan keluhan sama sekali tidak
menghibur.
Tapi
saya masih punya sumber daya tersisa, yaitu keberanian konstitusional saya.
Sejauh ini, keberanian itu sangat berguna buat saya, dan sekarang saya bertekad
untuk memanfaatkannya sampai akhir. Lagipula, setelah surat-menyurat yang
terjadi di antara kami, tindakan informal apa yang bisa saya lakukan, dalam
batasan tertentu, yang dianggap tidak senonoh oleh Madame Lalande? Sejak surat
itu, saya terbiasa mengawasi rumahnya, kemudian menyadari bahwa, menjelang
senja, dia biasa berjalan-jalan, hanya ditemani oleh seorang negro berseragam,
di alun-alun yang menghadap ke jendelanya. Di sini, di tengah rerimbunan pohon
yang rindang dan teduh, dalam keremangan kelabu di sore pertengahan musim panas
yang manis, saya memanfaatkan kesempatan itu dan menyapanya.
Untuk
memperdaya pelayannya yang sedang bertugas dengan lebih baik, saya melakukannya
dengan sikap percaya diri seorang kenalan lama yang sudah akrab. Dengan sikap
yang benar-benar khas Paris, dia langsung memahami isyarat itu, dan, untuk
menyambut saya, mengulurkan tangannya yang mungil nan menawan. Pelayan itu
langsung mundur ke belakang, dan sekarang, dengan hati yang meluap-luap, kami
berbincang panjang lebar tanpa ragu tentang cinta kami.
Karena
Madame Lalande berbicara bahasa Inggris lebih lambat daripada ketika dia
menulisnya, percakapan kami tentu saja dalam bahasa Prancis. Dengan bahasa yang
manis ini, yang begitu cocok untuk melampiaskan hasrat, saya meluapkan perasaan
saya yang meluap-luap, dan, dengan segala kefasihan yang saya miliki, memohon kepadanya
untuk segera menyetujui pernikahan kami.
Atas
ketidaksabaran ini, dia cuma tersenyum. Dia mendesakkan cerita lama soal
kesopanan —pengganggu yang menghalangi begitu banyak orang dari kebahagiaan
hingga kesempatan untuk kebahagiaan berlalu selamanya. Saya dengan sangat
ceroboh sudah memberitahukan kepada teman-teman saya, katanya, bahwa saya ingin
berkenalan dengannya —yang mana saya tidak memiliki kesempatan itu— sehingga,
sekali lagi, tidak ada kemungkinan untuk menyembunyikan perkenalan pertama
kami. Lalu, dengan wajah memerah, dia menyinggung tentang kencan yang sangat
baru ini. Langsung menikah akan terasa tidak pantas —tidak senonoh— tidak patut.
Semua ini dia katakan dengan nada naif yang menawan, yang memikat sekaligus
memilukan dan meyakinkan saya. Dia bahkan sampai menuduh saya, sambil tertawa,
gegabah —tidak bijaksana. Dia meminta saya untuk mengingat bahwa saya bahkan
tidak kenal siapa dia —bagaimana prospeknya, koneksinya, dan statusnya di
masyarakat. Dia memohon kepada saya, dengan desahan, untuk mempertimbangkan
kembali lamaran saya, dan menyebut cinta saya sebagai kegilaan —setitik nafsu—khayalan
atau fantasi sesaat— sebuah ciptaan imajinasi yang tidak berdasar dan tidak tetap,
alih-alih dari hati. Hal itu dia ucapkan saat bayang-bayang senja yang manis
berkumpul semakin gelap di sekitar kami —kemudian, dengan tekanan lembut tangannya
yang bak bidadari, meruntuhkan, dalam sekejap yang indah, semua argumen yang sudah
dia bangun.
Saya
menjawab sebaik mungkin —seperti yang cuma bisa dilakukan oleh seorang pencinta
sejati. Saya bicara panjang lebar, dan dengan tekun, tentang pemujaan saya,
tentang gairah saya —tentang kecantikannya yang luar biasa, dan tentang
kekaguman saya yang luar biasa. Sebagai penutup, saya memberi renungan, dengan
energi yang meyakinkan, tentang bahaya yang melingkupi perjalanan cinta —perjalanan
cinta sejati yang tidak pernah mulus— dan dengan demikian menyimpulkan bahaya
nyata dari memperpanjang perjalanan yang tidak diperlukan itu.
Argumen
terakhir ini tampaknya akhirnya melunakkan keteguhan tekadnya. Dia mengalah, tapi
masih ada rintangan, katanya, yang dia yakini belum saya pertimbangkan dengan
baik. Itu adalah poin yang sensitif —buat seorang perempuan yang didesak, yaitu,
dia sadar bahwa dia harus mengorbankan perasaannya, tapi, buat saya, setiap
pengorbanan harus dilakukan. Dia menyinggung masalah usia. Apakah saya menyadarinya
—apakah saya sepenuhnya menyadari perbedaan usia di antara kami? Bahwa usia
suami, harus melampaui beberapa tahun —mungkin lima belas atau dua puluh tahun—
usia istri, yang dianggap oleh dunia sebagai hal yang bisa diterima, dan,
memang, bahkan pantas, dan dia selalu meyakini bahwa usia istri tidak boleh
melebihi usia suami. Perbedaan yang tidak wajar ini, sayangnya, terlalu sering
menimbulkan kehidupan yang tidak bahagia. Sekarang dia menyadari bahwa usia
saya sendiri tidak lebih dari dua puluh dua, dan saya, sebaliknya, mungkin,
tidak menyadari bahwa usia Eugenie-saya jauh melampaui itu.
Di
balik semua itu terdapat kemuliaan jiwa --kejujuran—yang menyenangkan--yang
memikat saya-- yang membelenggu saya selamanya. Saya hampir tidak bisa menahan
rasa haru yang meluap-luap.
"Eugenie-ku
sayang," kata saya, "apa sebenarnya yang kau bicarakan? Umurmu memang
melebihi umurku. Lalu bagaimana? Begitu banyak kebodohan konvensional dari
kebiasaan di dunia ini. Bagi mereka yang jatuh cinta seperti diri kita sendiri,
apa bedanya satu tahun dengan satu jam? Aku dua puluh dua, katamu, memang
benar: memang, kau juga bisa menyebutku, sekarang juga, dua puluh tiga.
Sekarang, kau sendiri, Eugenie sayang, tidak boleh menghitung lebih dari --tidak
boleh menghitung lebih dari--tidak boleh menghitung lebih dari--tidak boleh
menghitung lebih dari—tidak boleh menghitung lebih dari--dari--dari--dari--"
Di
sini saya berhenti sejenak, berharap Madame Lalande akan menyela dengan
menjelaskan usianya yang sebenarnya. Tapi, seorang perempuan Prancis jarang
berterus terang, dan selalu, sebagai jawaban atas pertanyaan yang memalukan,
memberikan jawaban praktisnya sendiri. Dalam hal ini, Eugenie, yang beberapa
saat lalu tampak mencari sesuatu di dadanya, akhirnya menjatuhkan sebuah benda
kecil ke rumput, yang langsung saya pungut dan berikan kepadanya.
"Simpanlah!"
katanya, dengan salah satu senyumnya yang paling memikat. "Simpanlah demi
aku --demi dia yang diwakilinya dengan begitu tersanjung. Lagipula, di balik
perhiasan itu kau mungkin menemukan, mungkin, informasi yang tampaknya begitu kau
inginkan. Sekarang, memang, mulai agak gelap --tapi kau bisa memeriksanya di
waktu luangmu di pagi hari. Sementara itu, kau akan mengantarku pulang malam
ini. Teman-temanku akan mengadakan pesta musik kecil. Aku juga bisa
menjanjikanmu nyanyian yang bagus. Kami orang Prancis tidak seteliti kalian
orang Amerika, aku tidak akan kesulitan menyelundupkanmu masuk, sebagai seorang
kenalan lama."
Setelah
berkata begitu, dia menggandeng tangan saya, dan saya mengantarnya pulang.
Rumah besar itu cukup bagus, dan, saya kira, diperaboti dengan selera yang
baik. Tapi, untuk hal terakhir ini, saya hampir tidak berhak menilai, karena
hari masih gelap ketika kami tiba, dan di rumah-rumah besar Amerika yang lebih
baik, lampu jarang dinyalakan di waktu yang paling nyaman ini, selama musim
panas. Kira-kira satu jam setelah kedatangan saya, sebuah lampu bertudung
dinyalakan di ruang tamu utama, dan ruangan ini, saya lihat, ditata dengan
selera yang luar biasa baik dan bahkan megah, tapi dua ruangan lain di rumah
ini, tempat sebagian besar tamu berkumpul, tetap berada dalam naungan bayangan yang
sangat nyaman sepanjang malam. Ini adalah kebiasaan yang dirancang dengan baik,
memberi orang-orang setidaknya pilihan cahaya atau bayangan, dan sesuatu yang
sangat disukai teman-teman kita di seberang laut untuk menirunya.
Malam
yang dihabiskan dengan demikian tidak diragukan lagi merupakan malam terindah
dalam hidup saya. Madame Lalande tidak melebih-lebihkan kemampuan musik
teman-temannya, dan nyanyian yang saya dengar di sini belum pernah saya dengar yang
lebih baik di kalangan pribadi mana pun di luar Wina. Para pemain alat musiknya
banyak dan memiliki bakat yang luar biasa. Para vokalisnya sebagian besar
adalah perempuan, dan tidak seorang pun bernyanyi dengan buruk. Akhirnya, atas
panggilan tegas untuk ‘Madame Lalande’, dia segera bangkit, tanpa pura-pura
atau keberatan, dari kursi malas tempat dia duduk di samping saya, dan,
ditemani oleh satu atau dua laki-laki dan temannya di opera, menuju piano di
ruang tamu utama. Saya ingin sekali mengantarnya sendiri, tapi merasa bahwa,
mengingat keadaan perkenalan saya di rumah itu, lebih baik saya tetap tidak
diperhatikan. Dengan demikian saya kehilangan kesenangan melihat, meskipun
bukan mendengar, nyanyiannya.
Kesan
yang dia berikan kepada orang-orang terasa menggetarkan, tapi efeknya pada diri
saya sendiri bahkan lebih lagi. Saya tidak tahu bagaimana cara menggambarkannya
dengan tepat. Hal itu sebagian muncul, tidak diragukan lagi, dari perasaan
cinta yang merasuki saya, tapi yang terutama dari keyakinan saya akan kepekaan
sang penyanyi yang luar biasa. Sungguh di luar jangkauan seni untuk memberikan
ekspresi yang lebih berapi-api daripada yang dimilikinya, baik melalui udara
maupun resitatif21. Ucapannya tentang romansa dalam Otello22
—nada yang dia gunakan untuk mengucapkan kata-kata ‘Sul mio sasso23’,
dalam Capuletti24— masih terngiang dalam ingatan saya. Nada
rendahnya sungguh menakjubkan. Suaranya mencakup tiga oktaf penuh, membentang
dari kontralto25 D hingga soprano26 D atas, dan, meskipun
cukup kuat untuk mengisi San Carlos27, dia mengeksekusi, dengan
presisi yang sangat halus, setiap kesulitan komposisi vokal —skala naik dan
turun, kadensa28, atau fiorituri29. Di bagian akhir Somnambula30,
dia menghasilkan efek yang sangat luar biasa pada kata-kata:
Ah!
non guinge uman pensiero
Al
contento ond 'io son piena31.
Di
sini, meniru Malibran32, dia memodifikasi frasa asli Bellini33,
sehingga suaranya turun ke tenor G, ketika, dengan transisi cepat, dia menekan
G di atas paranada treble, melompat melewati interval dua oktaf.
Setelah
bangkit dari piano setelah keajaiban penampilan vokal itu, dia kembali duduk di
samping saya, ketika saya mengungkapkan kepadanya,dengan antusiasme terdalam,
kegembiraan saya atas penampilannya. Saya tidak mengatakan apa pun tentang
keterkejutan saya, tapi saya benar-benar terkejut, karena kelemahan tertentu,
atau lebih tepatnya keraguan dari suara yang bergetar dalam percakapan biasa, yang
membuat saya mengantisipasi bahwa, dalam bernyanyi, dia tidak akan menunjukkan
kemampuan yang luar biasa.
Percakapan
kami sekarang panjang, sungguh-sungguh, tanpa gangguan, dan sama sekali tanpa
syarat. Dia membuat saya menceritakan banyak bagian awal hidup saya, dan
mendengarkan dengan penuh perhatian setiap kata dari cerita saya. Saya tidak
menyembunyikan apa pun —merasa bahwa saya berhak untuk menyembunyikan sesuatu— dari
kasih sayangnya yang tulus. Didorong oleh keterusterangannya tentang hal-hal
sensitif di usianya, saya masuk, dengan kejujuran yang penuh, tidak hanya ke
detail banyak keburukan kecil saya, tapi saya mengakui sepenuhnya kelemahan
moral dan bahkan fisik saya, yang pengungkapannya, meskipun menuntut keberanian
yang jauh lebih tinggi, merupakan bukti cinta yang jauh lebih pasti. Saya
menyinggung tentang kenakalan masa kuliah saya --tentang kemewahan
saya--tentang pesta pora saya--tentang utang-utang saya-- tentang godaan saya.
Saya bahkan sampai bercerita tentang batuk yang agak parah yang dulu mengganggu
saya --tentang rematik kronis--tentang sedikit rasa sakit asam urat turunan--
dan, sebagai penutup, tentang kelemahan mata saya yang tidak menyenangkan dan
mengganggu, tapi sampai sekarang tersembunyi dengan baik.
"Mengenai
hal terakhir ini," kata Madame Lalande sambil tertawa, "kau sungguh tidak
bijaksana datang untuk mengakui semuanya, karena, tanpa pengakuan itu, aku
berasumsi bahwa tidak seorang pun akan menuduhmu melakukan kejahatan.
Ngomong-ngomong," lanjutnya, "apakah kau ingat," —di sini saya
membayangkan rona merah, bahkan di tengah kegelapan ruangan ini, terlihat jelas
di pipinya— "apakah kau ingat, mon cher ami34, tentang alat
bantu penglihatan kecil ini, yang sekarang tergantung di leherku?"
Sambil
berbicara, dia memutar-mutar kacamata lensa ganda yang sama yang sempat membuat
saya kebingungan di opera.
"Dengan
baik —aduh! Aku masih mengingatnya," seru saya, sambil dengan penuh gairah
menekan tangan halus yang menawarkan kacamata itu untuk saya periksa. Kacamata
itu membentuk mainan yang rumit dan megah, penuh ukiran dan hiasan, berkilauan
dengan permata, yang, bahkan dalam cahaya redup, tidak bisa saya pungkiri
bernilai tinggi.
"Eh bien! mon ami35," lanjutnya dengan nada agak
memelas yang agak mengejutkan saya —"Eh bien! mon ami, kau
sungguh-sungguh memohon kepadaku sesuatu yang kau sebut tidak ternilai
harganya. Kau memintaku untuk menikah besok. Kalau aku menuruti permintaanmu —dan,
perlu kutambahkan, kemauanku sendiri juga— bukankah aku berhak meminta sedikit —sangat
sedikit imbalan darimu?"
“Sebutkan
saja!" seru saya dengan energi yang hampir menarik perhatian orang-orang
di sekitar kami, dan hanya dengan kehadiran mereka aku menahan diri untuk tidak
bersimpuh di kakinya. "Sebutkan saja, kekasihku, Eugenie-ku, milikku! Sebutkan!
Tapi, sayangnya! Itu sudah kuberikan bahkan sebelum kau minta."
"Kalau
begitu, kau harus patuh, mon ami," katanya, "demi Eugenie yang
kau cintai, kelemahan kecil yang akhirnya kau akui —kelemahan itu lebih
bersifat moral daripada fisik— dan yang, kuyakin, sangat tidak pantas dengan
kemuliaan sifat aslimu —sangat tidak konsisten dengan karakter jujurmu yang
asli— dan yang, kalau dibiarkan terus, pasti akan melibatkanmu, cepat atau
lambat, dalam kesulitan yang sangat tidak menyenangkan. Demi aku, kau harus
menaklukkan kepura-puraan itu yang, seperti yang kau akui sendiri, membawamu
pada penyangkalan diam-diam maupun tersirat atas kelemahan penglihatanmu.
Sebab, kelemahan itu praktis kau sangkal, dengan menolak menggunakan cara-cara
yang lazim untuk menyembuhkannya. Kau mengerti maksudku, bahwa aku ingin kau
memakai kacamata --ah, sudahlah!-- kau sudah setuju untuk memakainya, demi aku.
Terimalah mainan kecil yang sekarang kupegang, dan yang, meskipun mengagumkan
sebagai alat bantu penglihatan, sebenarnya tidak terlalu bagus sebagai perhiasan.
Kau tahu bahwa, dengan sedikit modifikasi, begini --atau begini-- benda ini bisa
disesuaikan dengan mata menjadi kacamata, atau disimpan di saku rompi menjadi
kacamata saku. Sekarang ini masih berbentuk seperti yang kusebut pertama, tapi,
kau sudah setuju untuk memakainya demi aku."
Permintaan
ini —haruskah saya mengakuinya?— membuat saya sedikit bingung. Tapi, kondisi
yang menyertainya tentu saja membuat keraguan menjadi hal yang sama sekali tidak
mungkin.
"Baiklah!"
seru saya, dengan semua antusiasme yang bisa kukumpulkan saat itu. "Baiklah
—dengan sangat gembira disetujui. Aku mengorbankan semua perasaan demi dirimu.
Malam ini aku memakai kacamata indah ini, sebagai alat bantu penglihatan, dan
hatiku, tapi, begitu fajar menyingsing di pagi hari yang memberiku kesenangan untuk
memanggilmu istriku, aku akan memasangnya di —di hidungku— dan memakainya
selamanya, dalam bentuk yang kurang romantis, dan kurang modis, tapi tentu saja
dalam bentuk yang lebih praktis, sesuai keinginanmu."
Percakapan
kami sekarang beralih pada detail rencana kami untuk besok. Talbot, saya dengar
dari tunangan saya, baru saja tiba di kota. Saya harus segera menemuinya dan
mencari kereta kuda. Pesta dansa belum akan bubar sebelum pukul dua; dan pada saat
itu kereta kuda sudah di depan pintu, ketika, di tengah kekacauan akibat
kepergian rombongan, Madame L. bisa dengan mudah masuk tanpa diketahui. Kami
kemudian harus mengunjungi rumah seorang pendeta yang akan menunggu, di sanalah
kami akan menikah, menurunkan Talbot, dan melanjutkan perjalanan singkat ke
Timur, meninggalkan dunia gemerlap di rumah untuk memberikan komentar apa pun
yang mereka anggap terbaik.
Setelah
merencanakan semua itu, saya segera pamit dan pergi mencari Talbot, tapi, ketika
sedang melakukan itu, saya tidak kuasa menahan diri untuk melangkah masuk ke
hotel, untuk melihat benda kecil yang diberikannya, dan ini saya lakukan berkat
bantuan dari kacamata saya. Wajahnya sungguh luar biasa cantik! Mata besar yang
bercahaya itu! Hidung Yunani36 yang angkuh itu! Rambut ikal gelap
yang lebat itu! "Ah!" kata saya, gembira dalam hati, "inilah
sungguh gambaran kekasihku yang asli!" Saya membalik benda itu, dan
menemukan kata-kata –‘Eugenie Lalande--berusia dua puluh tujuh tahun tujuh
bulan."
Saya
menemukan Talbot di rumah, dan segera memberitahunya tentang keberuntungan
saya. Tentu saja dia mengaku sangat terkejut, tapi mengucapkan selamat kepada
saya dengan sangat hangat, dan menawarkan segala bantuan yang dia bisa.
Singkatnya, kami melaksanakan rencana kami dengan saksama, dan, pada pukul dua
pagi, tepat sepuluh menit setelah upacara, saya mendapati diri saya berada di
kereta kuda yang sempit bersama Madame Lalande --dengan Ny. Simpson, lebih
tepatnya-- dan melaju kencang keluar kota, ke arah Timur Laut, agak ke Utara.
Talbot
sudah mengatur buat kami bahwa, karena kami akan begadang semalaman, kami harus
berhenti pertama kali di C--, sebuah desa sekitar dua puluh mil dari kota, dan
di sana kami akan sarapan pagi dan beristirahat sejenak, sebelum melanjutkan
perjalanan. Tepat pukul empat, kereta kuda berhenti di pintu penginapan utama.
Saya mengantar istri tercinta saya keluar, dan segera memesan sarapan.
Sementara itu, kami diantar ke sebuah ruang tamu kecil, dan duduk.
Hari
sudah hampir terang, kalau tidak sepenuhnya siang, dan, saat saya menatap
malaikat di samping saya dengan penuh kekaguman, tiba-tiba terlintas di benak
saya bahwa ini benar-benar momen pertama sejak saya mengenal kecantikan Madame
Lalande yang tersohor, bahwa saya menikmati pemandangan keindahan itu di siang
hari.
"Dan
sekarang, mon ami," katanya, sambil memegang tangan saya, dan
menyela lamunan saya, "dan sekarang, mon cher ami, karena kita tidak
terpisahkan —karena aku sudah menuruti permintaanmu yang penuh gairah, dan
melaksanakan bagianku dari perjanjian kita— kukira kau tidak lupa bahwa kau
juga punya sedikit kebaikan untuk diberikan —sebuah janji kecil yang ingin kau
tepati. Ah! Coba kuperiksa! Coba kuingat! Ya, dengan mudah aku mengingat
kata-kata dari janji manis yang kau buat untuk Eugenie tadi malam. Dengarkan!
Kau berkata begini: ‘Baiklah —dengan sangat gembira disetujui. Aku mengorbankan
semua perasaan demi dirimu. Malam ini aku memakai kacamata indah ini, sebagai
alat bantu penglihatan, dan hatiku, tapi, begitu fajar menyingsing di pagi hari
yang memberiku kesenangan untuk memanggilmu istriku, aku akan memasangnya di
—di hidungku— dan memakainya selamanya, dalam bentuk yang kurang romantis, dan
kurang modis, tapi tentu saja dalam bentuk yang lebih praktis, sesuai
keinginanmu.' Itulah kata-kata yang tepat, suamiku tercinta, ya kan?"
Memang,"
kata saya, "kau memiliki ingatan yang luar biasa, dan sungguh, Eugenie-ku
yang cantik, aku sama sekali tidak berniat mengelak dari memenuhi janji remeh
yang tersirat di dalamnya. Lihat! Lihatlah! Mereka semakin menarik —atau agak
menarik— bukan?" Dan di sini, setelah menata kacamata itu dalam bentuk
kacamata biasa, saya dengan hati-hati memasangnya pada posisi yang semestinya,
sementara Madame Simpson, sambil membetulkan topinya, dan melipat tangannya,
duduk tegak di kursinya, dengan sikap agak kaku dan sopan, dan memang, agak
tidak terhormat.
"Astaga!"
seru saya, tepat saat bingkai kacamata itu hampir menempel di hidung saya— "Astaga!
Kenapa, ada apa dengan kacamata ini?" dan segera saya lepas, saya seka
dengan sapu tangan sutra, lalu saya perbaiki lagi.
Tapi,
kalau pada awalnya terjadi sesuatu yang membuat saya terkejut, pada saat kedua,
keterkejutan itu berubah menjadi keheranan, dan keheranan ini begitu dalam –ekstrem--
bahkan bisa saya katakan mengerikan. Apa, demi semua yang mengerikan, arti
semua ini? Bisakah saya memercayai mata saya? Bisakah saya? Itulah
pertanyaannya. Apakah itu --apakah itu-- apakah itu pemerah pipi? Dan apakah
itu --dan apakah itu-- apakah itu kerutan di wajah Eugenie Lalande? Dan oh!
Jupiter37, dan semua dewa dan dewi, kecil dan besar! Apa
--apa--apa-- apa yang terjadi pada giginya? Saya membanting kacamata itu dengan
keras ke tanah, dan, melompat berdiri, berdiri tegak di tengah lantai,
menghadapi Nyonya Simpson, dengan tangan terlipat, dan menyeringai dan berbusa,
tapi, pada saat yang sama, sama sekali tidak bisa berkata-kata karena ketakutan
dan amarah.
Sudah
saya katakan bahwa Madame Eugenie Lalande —atau Simpson— berbicara bahasa
Inggris, tapi hanya sedikit lebih baik daripada ketika dia menulisnya, dan
karena alasan ini, wajar saja kalau dia tidak pernah mencoba berbicara dalam
bahasa itu pada kesempatan biasa. Tapi, amarah akan membawa seorang perempuan
ke titik ekstrem apa pun, dan dalam situasi ini, amarah membawa Nyonya Simpson
ke titik ekstrem yang luar biasa, yaitu mencoba bercakap-cakap dalam bahasa
yang sama sekali tidak dia pahami.
"Vaik,
Monsieur," katanya, setelah mengamati saya, dengan keheranan yang nyata,
untuk beberapa saat. "Vaik, Monsieur? Ada afa? Afa
masalahnya sekarang? Afa itu tarian Saint Itusse38? Kalau
tidak suka aku, afa membeli kucing dalam karung?"
"Bajingan!"
kata saya, sambil mengatur napas. "Kau --kau-- kau nenek sihir tua jahat!"
"Nyinyir?
Dua? Aku belum begitu dua, jugha! Aku tidak akan satu hari
pun lebih dari delapan puluh doa."
"Delapan puluh dua!" pekik saya, terhuyung ke dinding. Delapan puluh dua ratus ribu babon! Benda itu bilang dua puluh tujuh tahun tujuh bulan!"
"Tentu
saja! Emang begitu! Bentul! Tapi portret itu diambil lima
puluh lima tahun dulu. Terus aku menikahi misua keduaku, Monsieur
Lalande, pas itu aku ambil portret itu untuk putriku dari misua
pertamaku, Monsieur Moissart!"
"Moissart!"
kata saya.
"Ya,
Moissart," katanya, meniru pengucapan saya, yang sejujurnya, bukan yang
terbaik, "dan afa? Afa yang kau tahu kentang
Moissart?"
"Tidak
ada, tua bangka! Aku sama sekali tidak tahu tentang dia, hanya saja aku punya
leluhur dengan nama itu, dulu."
"Nama
itchu! Dan afa yang kau kata tentang nama itu? Nama itchu
bagus; begitu juga Voissart --itchu juga nama bagus. Putriku,
Mademoiselle Moissart, dia menikah sama Monsieur Voissart, --dan nama itchu
juga nama yang sangat kehormat."
"Moissart?"
seru saya, "dan Voissart! Apa maksudmu?"
"Afa
aku maksud? Aku maksud Moissart dan Voissart, dan itchu, aku maksud
Croissart dan Froissart juga, kalau aku merasa bisa untuk katakan. Putrinya
putriku, Mademoiselle Voissart, dia menikah sama Monsieur Croissart,
kemudian, cucu perempuan putriku, Mademoiselle Croissart, dia menikah sama
Monsieur Froissart, dan kurasa kau bilang itchu bukan nama bagus."
"Froissart!"
kata saya, mulai pingsan, "kenapa, kau tidak bilang saja Moissart, dan
Voissart, dan Croissart, dan Froissart?"
"Ya,"
jawabnya, bersandar sepenuhnya di kursinya, dan meregangkan tubuh bawahnya memanjang.
"Ya, Moissart, dan Voissart, dan Croissart, dan Froissart. Tapi Monsieur
Froissart, dia sangat bodo kayakmu --dia sangat sangat bodo
kayakmu-- karena dia tinggal Prancis yang cantik untuk datang ke
Amerika yang bodo nih-- dan pas sampai sini, dia pergi dan ada nakanak
yang sangat bodo, sangat sangat bodo, gitu yang kudengar,
meskipun aku blum ketemu dengannya --baik aku maupun temanku,
Madame Stephanie Lalande. Namanya Napoleon Bonaparte Froissart, dan kurasa kau
bilang itu bukan nama yang bagus."
Entah
karena panjangnya atau isi pidatonya, itu membuat Nyonya Simpson menjadi sangat
bersemangat, dan ketika dia mengakhirinya, dengan susah payah, dia bangkit dari
kursinya seperti orang yang tersihir, menjatuhkan seluruh dunia ke lantai saat
dia bangkit. Begitu berdiri, dia menggertakkan gusinya, mengacungkan lengannya,
menggulung lengan bajunya, mengacungkan tinjunya ke wajah saya, dan mengakhiri
pertunjukan itu dengan merobek topi dari kepalanya, beserta wig besar yang
terbuat dari rambut hitam yang paling mahal dan indah. Seluruh rambut hitam itu
dia hempaskan ke tanah sambil berteriak, lalu menginjak-injak dan menari fandango39
di atasnya, dalam ekstasi dan amarah yang luar biasa.
Sementara
itu, saya terduduk di kursi yang dia tinggalkan. "Moissart dan
Voissart!" ulang saya, sambil berpikir, saat dia memotong salah satu sayap merpati40, dan "Croissart dan Froissart!" Saat dia
menyelesaikan gerakannya yang lain. "Moissart dan Voissart dan Croissart
dan Napoleon Bonaparte Froissart! Wah, dasar ular tua yang jahanam, itu aku
--itu aku-- kau dengar? Itu aku" --di sini saya berteriak
sekeras-kerasnya-- "Itu aku-ku-ku-ku! Aku Napoleon Bonaparte Froissart!
Dan seandainya aku menikah dengan nenek buyutku, aku berharap aku dikutuk
selamanya!"
Madame
Eugenie Lalande, alias Simpson -- dulunya Moissart -- sebenarnya adalah nenek
buyutku yang masih muda. Di masa mudanya, dia cantik, bahkan di usia delapan
puluh dua tahun, dia tetap mempertahankan tinggi badannya yang megah, lekuk
kepalanya yang indah, matanya yang indah, dan hidung Yunani khas masa mudanya.
Dengan bantuan bedak mutiara, pemerah pipi, rambut palsu, gigi palsu, dan tournure
palsu, serta bantuan para ahli mode Paris yang paling terampil, dia berhasil
mempertahankan kedudukan terhormat di antara para perempuan cantik en peu
passees41 di kota metropolitan Prancis itu. Dalam hal ini,
memang, dia mungkin dianggap setara dengan Ninon De L'Enclos yang tersohor.
Dia
sangat kaya, dan untuk kedua kalinya ditinggal sebagai janda tanpa anak, dia
memikirkan keberadaan saya di Amerika, dan dengan tujuan menjadikan saya ahli
warisnya, dia mengunjungi Amerika Serikat, ditemani seorang kerabat jauh yang
sangat cantik dari suami keduanya —Madame Stephanie Lalande.
Di
opera, perhatian nenek buyut saya teralihkan oleh tatapan saya, dan, saat
mengamati saya melalui kacamatanya, dia dikejutkan oleh kemiripan keluarga
dengan dirinya. Karena tertarik, dan mengetahui bahwa pewaris yang dicarinya
benar-benar ada di kota ini, dia bertanya kepada rombongannya tentang saya. Laki-laki
yang melayaninya mengenal saya, dan memberi tahu siapa saya. Informasi yang
diperolehnya mendorongnya untuk kembali mengamati, dan pengamatan itulah yang
membuat saya begitu berani sehingga saya bertindak dengan cara absurd seperti yang
sudah dijelaskan. Tapi, dia membalas anggukan saya, dengan kesan bahwa, melalui
suatu kebetulan yang aneh, saya sudah mengetahui identitasnya. Ketika, tertipu
oleh kelemahan penglihatan saya, dan keterampilan berdandannya, sehubungan
dengan usia dan pesona perempuan asing itu, saya bertanya dengan begitu
antusias kepada Talbot tentang siapa dia, dia menyimpulkan bahwa yang saya
maksud adalah perempuan muda cantik itu, tentu saja, kemudian memberi tahu
saya, dengan jujur, bahwa dia adalah ‘janda ternama, Madame Lalande’.
Di
jalan, keesokan paginya, nenek buyut saya bertemu dengan Talbot, seorang
kenalan lama dari Paris, dan percakapan mereka, tentu saja, beralih tentang
saya. Kekurangan penglihatan saya kemudian dijelaskan, karena sudah diketahui
orang, meskipun saya sama sekali tidak tahu tentang itu, dan kerabat saya yang
baik hati itu menemukan, dengan sangat kesal, bahwa dia sudah tertipu dengan
mengira saya mengetahui identitasnya, dan bahwa saya hanya mempermalukan diri
sendiri dengan jatuh cinta
terang-terangan, di sebuah teater, dengan seorang perempuan tua yang tidak
dikenal. Sebagai hukuman atas kecerobohan saya ini, dia menyusun rencana dengan
Talbot. Dia sengaja menghindar agar saya tidak dikenalkan. Pertanyaan saya di
jalan tentang ‘janda cantik, Madame Lalande’, seharusnya merujuk pada perempuan
yang lebih muda, tentu saja, dan dengan demikian percakapan dengan tiga laki-laki
yang saya temui tidak lama setelah meninggalkan hotel Talbot akan mudah
dijelaskan, begitu pula kiasan mereka kepada Ninon De L'Enclos. Saya tidak
berkesempatan untuk melihat Madame Lalande dari dekat di siang hari, dan, di
pesta musik malamnya, kelemahan saya yang konyol dalam menolak bantuan kacamata
secara efektif mencegah saya mengetahui usianya. Ketika ‘Madame Lalande’
dipanggil untuk bernyanyi, perempuan muda itu yang ditunjuk, dan dialah yang
bangkit untuk memenuhi panggilan itu, nenek buyut saya, untuk melanjutkan tipu
daya itu, bangkit pada saat yang sama dan menemaninya ke piano di ruang tamu
utama. Seandainya saya memutuskan untuk mengantarnya ke sana, itu memang
rencananya untuk menunjukkan bahwa saya pantas tetap di sana, tapi pertimbangan
saya sendiri yang bijaksana merasa kalau hal itu tidak perlu. Lagu-lagu yang
sangat saya kagumi, dan yang begitu menguatkan kesan saya tentang masa muda kekasih
saya itu, dibawakan oleh Madame Stephanie Lalande. Kacamata itu diberikan
sebagai tambahan terhadap tipuan itu --sebuah sengatan pada epigram42
tipu daya itu. Penyajiannya memberikan kesempatan untuk ceramah tentang
kepura-puraan yang sangat saya hargai. Hampir tidak perlu menambahkan bahwa
kacamata itu, seperti yang dikenakan oleh perempuan tua itu, sudah ditukar
olehnya dengan sepasang yang lebih cocok untuk usia saya. Mereka benar-benar
cocok untuk saya.
Sang
pendeta, yang cuma berpura-pura mengikat simpul ikatan itu, adalah teman baik
Talbot, dan bukan pendeta sama sekali. Tapi, dia adalah ‘gong’ yang bagus, dan
setelah menanggalkan jubahnya untuk mengenakan mantel panjang, dia mengendarai
kereta kuda yang membawa ‘pasangan bahagia’ itu keluar kota. Talbot duduk di
sampingnya. Kedua bajingan itu dengan demikian adalah puncaknya, dan melalui
jendela yang setengah terbuka di ruang tamu belakang penginapan, mereka tertawa
terbahak-bahak melihat akhir drama itu. Saya rasa saya terpaksa memuji mereka
berdua.
Begitupun,
saya bukanlah suami dari nenek buyut saya, dan ini adalah pikiran yang memberi
saya kelegaan tidak terhingga, --tapi saya adalah suami Madame Lalande--Madame
Stephanie Lalande-- yang dengannya kerabat saya yang baik hati itu, selain
menjadikan saya ahli warisnya satu-satunya kalau dia meninggal –kalau dia
meninggal nanti-- sudah bersusah payah mencarikan jodoh untuk saya.
Kesimpulannya: saya sudah insaf selamanya dengan billets doux43
dan tidak akan pernah ditemui tanpa KACAMATA.
***
Kalau Anda menyukai cerpen ini, Anda mungkin juga akan menyukai cerita pendek terjemahan dari penulis yang lain di sini.
***
Catatan
kaki:
1
Magnetoestetik: Poe menciptakan kata ini. Dalam konteksnya, kata ini
mungkin berarti studi tentang ketertarikan atau "magnetisme hewani"
antara laki-laki dan perempuan.
2
Plebeian: rakyat jelata; Di Roma kuno, kaum plebeian atau plebs
adalah kelompok umum warga negara Romawi yang bebas yang bukan bangsawan,
sebagaimana ditentukan oleh sensus, atau dengan kata lain " rakyat
jelata".
3 Esq:
Esquire, gelar kehormatan di Inggris yang secara historis merujuk pada
bangsawan di antara gelar Sir dan Knight yang bertugas sebagai
pembawa perisai bagi seorang ksatria. Di Amerika Serikat, gelar ini digunakan
untuk pengacara sebagai bentuk penghormatan, menunjukkan bahwa orang tersebut
adalah anggota profesi hukum, meskipun gelar ini bukan gelar akademik.
4 Chronicles:
atau Chroniques; sejarah prosa Perang Seratus Tahun yang ditulis pada
abad ke-14 oleh Jean Froissart. Chronicles dibuka dengan
peristiwa-peristiwa menjelang penggulingan Edward II pada tahun 1327, dan
mencakup periode hingga tahun 1400, menceritakan peristiwa-peristiwa di Eropa
Barat, terutama di Inggris, Prancis, Skotlandia, Negeri-Negeri Dataran Rendah,
dan Semenanjung Iberia, meskipun terkadang juga menyebutkan negara dan wilayah
lain seperti Italia, Jerman, Irlandia, Balkan, Siprus, Turki, dan Afrika Utara.
5 Sanguin: salah satu dari empat tipe
kepribadian klasik, yang ditandai dengan sifat ceria, optimis, mudah bergaul,
dan penuh energi, serta menyukai petualangan dan ekspresi emosi.
6 Prima donna: bahasa Italia untuk "perempuan utama". Bintang perempuan
utama sebuah opera. Padanan terbaik dalam bahasa Indonesia adalah
‘sripanggung’.
7 Tournure:
penyangga rok perempuan supaya berbentuk bulat sempurna.
8 Psyche: istri
Cupid, dewa cinta dan hasrat erotis Romawi. Dia sering digambarkan sebagai
perempuan cantik bersayap kupu-kupu.
9 Topi gauze
aerienne: topi dengan kasa tipis.
10 Ventum textilem:
rajutan angin, pakaian yang sangat tipis.
11 Lucius Apuleius
Madaurensis (124–170): seorang penulis prosa berbahasa Latin Numidia,
filsuf Platonis dan ahli retorika. Dia lahir di provinsi Romawi Numidia, di
kota Berber Madauros, M'Daourouch modern, Aljazair. Insiden paling terkenal
dalam hidupnya adalah ketika dia dituduh menggunakan sihir untuk mendapatkan
perhatian (dan kekayaan) seorang janda kaya. Dia kemudian menyampaikan
pembelaannya sendiri di hadapan prokonsul dan pengadilan magistrat yang
bersidang di Sabratha, dekat Oea (Tripoli modern, Libya). Pembelaan ini dikenal
sebagai Apologia. Karyanya yang paling terkenal adalah novel cabulnya, Metamorphoses,
atau dikenal juga sebagai The Golden Ass. Novel ini merupakan
satu-satunya novel Latin yang masih utuh.
12 Aigrette: perhiasan
berbentuk bulu yang dikenakan di rambut atau topi. Berasal dari kata Prancis
"egret", seekor bangau putih yang digemari karena bulunya.
13 Stamboul:
Istambul.
14 Erebus:
dalam mitologi Yunani adalah personifikasi kegelapan. Dalam Theogony karya
Hesiod, dia adalah keturunan Chaos, dan
ayah Aether dan Hemera (Siang) dengan Nyx (Malam); dalam kosmogoni Yunani
lainnya, dia adalah ayah Aether, Eros, dan Metis, atau penguasa pertama para
dewa. Dalam silsilah yang diberikan oleh penulis Romawi, dia melahirkan banyak
keturunan personifikasi pada Nox (padanan Romawi untuk Nyx), sementara dalam
teogoni Orfik, dia adalah keturunan Chronos (Waktu). Erebus juga
digunakan untuk merujuk pada kegelapan Dunia Bawah, Dunia Bawah itu sendiri,
atau wilayah yang dilalui jiwa untuk mencapai Hades, dan terkadang digunakan
sebagai sinonim untuk Tartarus atau Hades.
15 Il fanatico:
orang yang fanatik (Italia).
16 Antares (Alpha
Scorpii): bintang paling terang di rasi bintang Scorpius dan salah satu
bintang paling terang di langit malam.
17 Vaudeville:
sebuah bagian teater ringan yang seringkali bersifat komedi, sering kali
menggabungkan pantomim, dialog, tarian, dan lagu. Hiburan panggung yang terdiri
dari berbagai pertunjukan (seperti hewan pertunjukan, akrobat, komedian,
penari, atau penyanyi).
18 Ninon, Ninon,
Ninon a bas --a bas Ninon De L'Enclos: Ninon, Ninon, Ninon turunlah
–turunlah Ninon De L'Enclos (Prancis). Anne "Ninon" de l'Enclos
(1620–1705), juga dieja Ninon de Lenclos dan Ninon de Lanclos, adalah seorang
penulis Prancis, pelacur dan patron seni.
19 L'etudier:
mempelajarinya (Prancis).
20 Hock:
istilah Inggris untuk anggur putih Jerman. Istilah ini terkadang merujuk pada
anggur putih dari wilayah Rhine (khususnya Riesling) dan terkadang juga merujuk
pada semua jenis anggur putih Jerman. Kata hock merupakan kependekan
dari kata hockamore yang sudah usang, sebuah modifikasi dari "Hochheimer", yang berasal dari nama kota Hochheim am Main
di Jerman.
21 Resitatif: gaya musik vokal, sering ditemukan
dalam opera dan oratorio, di mana penyanyi menyanyikan dialog atau narasi
dengan ritme dan intonasi yang mirip dengan percakapan biasa, berbeda dengan
melodi yang lebih terstruktur pada aria.
22 Otello:
opera tiga babak karya Gioachino Rossini, yang pertama kali dipentaskan pada
tahun 1822. Karya ini didasarkan pada adaptasi cerita dalam bahasa Prancis (Othello,
ou le More de Venise karya Jean-François Ducis, 1792), bukan drama Othello
karya Shakespeare.
23 Sul mio sasso:
di atas batu karangku (Italia).
24 I Capuleti: I
Capuleti e i Montecchi (Keluarga Capulet dan Keluarga Montague) adalah
opera Italia dua babak karya Vincenzo Bellini. Libreto karya Felice Romani
merupakan penggarapan ulang kisah Romeo dan Juliet untuk opera karya Nicola
Vaccai berjudul Giulietta e Romeo dan berdasarkan drama dengan judul
yang sama karya Luigi Scevola yang ditulis pada tahun 1818, sehingga bersumber
dari Italia, bukan diambil langsung dari William Shakespeare.
25 Kontralto: jenis
suara nyanyian klasik perempuan yang memiliki jangkauan vokal terendah di
antara semua jenis suara perempuan.
26 Soprano:
jenis suara nyanyian klasik dan memiliki jangkauan vokal tertinggi dari semua
jenis suara.
27 San Carlo Opera
Company: nama dua perusahaan opera berbeda yang aktif di Amerika Serikat
selama paruh pertama abad kedua puluh.
28 Kadensa:
rangkaian akor pendek yang menandai akhir frasa, bagian, atau karya musik, yang
memberikan kesan penyelesaian atau ketegangan. Kadensa berfungsi seperti tanda
baca dalam musik, yang menyelesaikan ketegangan harmoni dan menentukan kunci
atau tonalitas.
29 Fiorituri:
diambil dari kata "fior" yang berarti "bunga" dalam
bahasa Italia, biblioteca merujuk pada garis vokal yang berbunga-bunga dan
penuh hiasan dalam sebuah aria.
30 La sonnambula
(The Sleepwalker): opera semi-seri dalam dua babak oleh Vincenzo Bellini
yang diatur ke libretto Italia oleh Felice Romani.
31 Ah! non guinge
uman pensiero. Al contento ond 'io son piena: Ah! tidak ada pikiran manusia
yang bisa membawa kepada rasa puas yang memenuhi diriku (Italia).
32 Maria Felicia
Malibran (1808–1836): seorang penyanyi Spanyol yang umumnya menyanyikan
bagian kontralto dan sopran, dan merupakan salah satu penyanyi opera paling
terkenal pada abad ke-19. Malibran dikenal karena kepribadiannya yang penuh
badai dan intensitas dramatis, menjadi tokoh legendaris setelah kematiannya di
Manchester, Inggris, pada usia 28 tahun. Catatan kontemporer tentang suaranya
menggambarkan jangkauan, kekuatan, dan fleksibilitasnya sebagai luar biasa.
33 Vincenzo
Salvatore Carmelo Francesco Bellini (1801–1835): seorang komponis opera
Italia yang terkenal karena melodinya yang panjang dan anggun serta pengaturan
musiknya. Sebagai tokoh sentral era bel canto, dia dikagumi tidak hanya oleh
publik tapi juga oleh banyak komponis yang terpengaruh oleh karyanya. Lagu-lagunya
menyeimbangkan hiasan dengan pendekatan yang tampak sederhana terhadap
pengaturan lirik.
34 Mon cher ami:
teman baikku (Prancis).
35 Eh bien! Mon ami:
baiklah! Temanku (Prancis).
36 Hidung Yunani:
(atau hidung lurus) adalah bentuk hidung yang ditandai dengan batang
hidung yang lurus, sempit, dan konsisten dari pangkal hingga ujung, tanpa punuk
atau lekukan, dan biasanya memiliki ujung yang sedikit meruncing ke
atas. Bentuk ini dianggap klasik dan elegan karena sering muncul pada seni
dan patung Yunani kuno, serta dikaitkan dengan kecantikan dan kekaguman.
37 Jupiter:
dewa langit dan guntur, raja para dewa, dalam agama dan mitologi Romawi kuno.
38 Tarian Santo
Vitus: dinamai menurut Santo Vitus,
yang namanya kadang-kadang disebut Guy atau Guido, seorang martir
Kristen dari Sisilia, adalah wabah menari (koreomania), sebuah fenomena yang
mungkin memiliki penyebab biologis, yang terjadi terutama di daratan Eropa
antara abad ke-14 dan ke-17. Satu wabah yang sangat terkenal terjadi di
Strasbourg pada tahun 1518 di Alsace, juga di Kekaisaran Romawi Suci (sekarang
di Prancis modern).
39 Fandango:
tarian berpasangan yang meriah dan berasal dari Portugal dan Spanyol, biasanya
dalam tiga metre, dan secara tradisional diiringi gitar, kastanyet, rebana,
atau tepukan tangan.
40 Memotong sayap
merpati: memamerkan keterampilan dalam menari.
41 En peu passees:
dalam beberapa langkah (Prancis).
42 Epigram:
pernyataan singkat, menarik, dan seringkali jenaka atau satir yang menyampaikan
satu ide atau pemikiran dengan cara yang cerdas dan mudah diingat.
43 Billets doux:
surat cinta (Prancis).

Comments
Post a Comment