Orang-Orang Hebat (Excellent People ~ Anton Chekhov)
"Pekerjaan saya adalah sastrawan."
Sesudah
menyelesaikan kuliahnya di universitas, Vladimir Semyonitch pernah menulis satu
paragraf kritik teater yang diterima sebuah surat kabar. Dari satu paragraf ini
dia melanjutkan menulis resensi, dan setahun kemudian dia sudah menulis artikel
mingguan tentang sastra untuk surat kabar yang sama. Tapi bukan berarti dia
seorang amatir, bahwa karya-karyanya bersifat sementara dan serampangan. Setiap
kali saya melihat sosoknya yang ramping dan rapi, dahinya yang tinggi dan
rambutnya yang gondrong, ketika saya mendengarkan pidato-pidatonya, saya selalu
merasa bahwa tulisannya, terlepas dari apa dan bagaimana dia menulis, merupakan
sesuatu yang organik, seperti detak jantungnya, dan bahwa seluruh rencana
sastranya pastilah merupakan bagian integral dari otaknya saat dia masih bayi
dalam kandungan ibunya. Bahkan dari cara berjalannya, gerak-geriknya, caranya
mengibaskan abu rokoknya, saya bisa membaca seluruh rencana ini dari A sampai
Z, dengan segala omong kosong, kebosanan, dan sentimen-sentimennya yang mulia. Dia
adalah seorang sastrawan sejati ketika dengan wajah penuh inspirasi dia
meletakkan karangan bunga di peti jenazah seorang tokoh ternama, atau dengan
wajah serius dan khidmat mengumpulkan tanda tangan untuk suatu pidato;
hasratnya untuk berkenalan dengan sastrawan ternama, kemampuannya menemukan
bakat yang bahkan tidak ada, antusiasmenya yang tidak pernah padam, denyut
nadinya yang berdetak seratus dua puluh kali per menit, ketidaktahuannya akan
kehidupan, hasratnya yang tulus ketika menghadiri konser dan acara sastra untuk
membantu para mahasiswa kurang mampu, caranya tertarik pada anak-anak muda --semua
itu akan menciptakan baginya reputasi sebagai seorang penulis bahkan kalau dia
tidak menulis artikel-artikelnya.
Dia
adalah salah satu penulis yang sangat cocok dengan frasa-frasa seperti, ‘Kita cuma
sedikit’, atau ‘Apa jadinya hidup tanpa pertikaian? Maju terus!’, meskipun dia
tidak pernah berjuang bersama siapa pun dan tidak pernah maju. Bahkan tidak
terdengar cengeng ketika dia mulai mengutarakan cita-citanya. Setiap ulang
tahun universitas, pada Hari St. Tatiana2, dia mabuk, melantunkan Gaudeamus3 dengan nada yang tidak
selaras, dan wajahnya yang berseri-seri dan berkeringat seakan berkata:
"Lihat, aku mabuk; aku akan terus berjuang!" Tapi itu pun cocok saja untuknya.
Vladimir
Semyonitch memiliki keyakinan sejati pada panggilan sastranya dan seluruh rencananya.
Dia tidak ragu, dan jelas sangat puas dengan dirinya sendiri. Cuma satu hal
yang membuatnya sedih —surat kabar tempatnya bekerja memiliki sirkulasi
terbatas dan tidak terlalu berpengaruh. Tapi, Vladimir Semyonitch yakin bahwa
cepat atau lambat dia akan berhasil masuk ke majalah yang solid tempat dia akan
memiliki ruang lingkup dan bisa menampilkan dirinya —dan sedikit tekanan yang dia
rasakan dalam hal ini tidak seberapa dibandingkan dengan kecemerlangan
harapannya.
Ketika
mengunjungi laki-laki memesona ini, saya berkenalan dengan saudara
perempuannya, Vera Semyonovna, seorang dokter perempuan. Sekilas, yang membuat
saya terkesan adalah penampilannya yang kelelahan dan kesehatannya yang sangat buruk.
Dia masih muda, dengan postur tubuh yang bagus dan wajah yang agak besar, tapi
dibandingkan dengan saudara laki-lakinya yang lincah, anggun, dan banyak
bicara, dia tampak kaku, lesu, jorok, dan cemberut. Ada sesuatu yang tegang,
dingin, dan apatis dalam gerakan, senyum, dan kata-katanya; dia tidak disukai,
dan dianggap sombong serta tidak terlalu cerdas.
Kenyataannya,
menurutku, dia cuma sedang menahan diri.
"Sahabatku
tersayang," kakaknya sering berkata kepada saya, sambil mendesah dan
mengibaskan rambutnya ke belakang dengan gaya sastrawannya yang menawan,
"jangan pernah menilai dari penampilan! Lihat buku ini: sudah lama dibaca.
Buku ini kusut, compang-camping, dan tergeletak di tumpukan debu tak terawat;
tapi bukalah, dan kau akan menangis dan pucat pasi. Adikku seperti buku itu.
Angkat sampulnya dan intip ke dalam jiwanya, dan kau akan terperangah. Vera cuma
butuh waktu sekitar tiga bulan pengalaman yang akan cukup untuk seumur
hidup!"
Vladimir Semyonitch melihat ke sekelilingnya, menarik lengan baju saya, dan mulai berbisik, "Kau tahu, sesudah lulus kuliah, dia menikah, karena cinta, dengan seorang arsitek. Sungguh tragedi! Mereka baru menikah sebulan ketika —whew— suaminya meninggal karena tifus. Tapi bukan itu saja. Dia tertular tifus dari suaminya, dan ketika, sesudah sembuh, dia mengetahui bahwa Ivan-nya sudah meninggal, dia menenggak morfin dalam dosis tinggi. Kalau bukan karena tindakan cepat yang diambil oleh teman-temannya, Vera-ku pasti sudah berada di surga. Katakan padaku, bukankah ini sebuah tragedi? Dan bukankah adikku seperti seorang ‘perempuan lugu4’, yang sudah memainkan kelima babak dalam hidupnya? Penonton boleh tinggal untuk menonton pertunjukannya, tapi ‘perempuan lugu’ harus pulang untuk beristirahat."
Sesudah
tiga bulan menderita sakit, Vera Semyonovna akhirnya tinggal bersama saudara
laki-lakinya. Dia tidak cocok untuk praktik kedokteran, yang membuatnya
kelelahan dan tidak sehat; dia tidak memberi kesan bahwa dia menguasai
bidangnya, dan saya tidak pernah mendengarnya mengatakan apa pun tentang studi
kedokterannya.
Dia
berhenti berobat, dan, diam dan menganggur, seolah-olah dia seorang tahanan,
menghabiskan sisa masa mudanya dalam kepasrahan yang hampa, dengan kepala
tertunduk dan tangan terkulai. Satu-satunya hal yang tidak sepenuhnya dia
acuhkan, dan yang membawa secercah cahaya di senjakala hidupnya, adalah
kehadiran saudara laki-lakinya, yang dia cintai. Dia mencintai saudara
laki-lakinya dan rencana-rencananya, dia kagum pada artikel-artikelnya; dan
ketika ditanya apa yang sedang dilakukan saudara laki-lakinya, dia akan
menjawab dengan suara pelan seolah takut membangunkan atau mengalihkan
perhatiannya: "Dia sedang menulis..." Biasanya ketika saudara
laki-lakinya sedang bekerja, dia duduk di sampingnya, matanya terpaku pada
tulisan saudara laki-lakinya. Pada saat-saat seperti itu, dia terlihat seperti
hewan sakit yang sedang menghangatkan diri di bawah sinar matahari.
Pada
suatu malam di musim dingin, Vladimir Semyonitch sedang duduk di mejanya
menulis artikel kritis untuk surat kabarnya: Vera Semyonovna duduk di
sampingnya, seperti biasa menatap tulisannya. Kritikus itu menulis dengan
cepat, tanpa coretan atau koreksi. Penanya berderit dan berdecit. Di atas meja,
dekat tulisannya, terbentang sebuah buku tebal yang baru terbit, berisi kisah
kehidupan petani, ditandatangani dengan dua inisial. Vladimir Semyonitch sangat
antusias; dia menganggap penulisnya mengagumkan dalam menangani subjek
tersebut, mengingatkannya pada Turgenev5 dalam deskripsi alamnya,
jujur, dan memiliki pengetahuan yang sangat baik tentang kehidupan para petani.
Kritikus itu sendiri tidak tahu apa-apa tentang kehidupan petani kecuali dari
buku dan kabar burung, tapi perasaan dan keyakinan batinnya memaksanya untuk
memercayai cerita tersebut. Dia meramalkan masa depan yang cerah bagi penulis,
meyakinkannya bahwa dia harus menunggu akhir cerita dengan sangat tidak sabar,
dan seterusnya, dan seterusnya.
"Cerita
yang bagus!" katanya, sambil menyandarkan tubuhnya di kursi dan memejamkan
mata dengan senang. "Gayanya sangat bagus."
Vera
Semyonovna menatapnya, menguap lebar, dan tiba-tiba mengajukan pertanyaan yang
tidak terduga. Setiap malam, dia punya kebiasaan menguap dengan gugup dan
mengajukan pertanyaan-pertanyaan singkat dan tiba-tiba yang tidak selalu
relevan.
"Volodya,"
tanyanya, "apa arti dari tidak melawan kejahatan?"
"Tidak
melawan kejahatan!" ulang saudaranya sambil membuka matanya.
"Ya.
Apa maksudmu dengan itu?"
"Begini,
sayang, bayangkan saja kalau pencuri atau perampok menyerangmu, dan kau, alih-alih..."
"Tidak,
berikan aku definisi yang logis."
"Definisi
yang logis? Hmm! Yah," Vladimir Semyonitch merenung. "Tidak melawan
kejahatan berarti sikap tidak mencampuri segala sesuatu yang dalam ranah
kefanaan disebut kejahatan."
Sambil
berkata demikian, Vladimir Semyonitch membungkuk di atas meja dan mengambil
sebuah novel. Novel yang ditulis oleh seorang perempuan ini mengisahkan
kepedihan posisi tidak wajar seorang perempuan kelas atas yang tinggal serumah
dengan kekasih dan anak haramnya. Vladimir Semyonitch puas dengan kecenderungan
cerita, alur, dan penyajiannya yang luar biasa. Sesudah merangkum novel
tersebut secara singkat, dia memilih bagian-bagian terbaik dan menambahkannya
dalam catatannya: "Betapa nyata, betapa hidup, betapa indah! Penulis bukan
sekadar seniman; dia juga seorang psikolog cerdas yang bisa menembus hati para
tokohnya. Contohnya, deskripsi gamblang tentang emosi sang tokoh utama saat
bertemu suaminya," dan seterusnya, dan seterusnya.
"Volodya,"
Vera Semyonovna menyela luapan semangatnya yang kritis, "Aku terus
dihantui oleh sebuah ide aneh sejak kemarin. Aku terus bertanya-tanya di mana
seharusnya kita semua berada kalau kehidupan manusia diatur atas dasar tidak
melawan kejahatan?
“Kemungkinan
besar, tidak di mana pun. Tidak melawan kejahatan akan memberikan kendali penuh
kepada keinginan jahat, dan, tanpa membicarakan peradaban, ini tidak akan
membiarkan satu batu pun berdiri di atas batu lainnya di mana pun di bumi ini.”
"Apa
yang tersisa?"
"Bashi-Bazouke6
dan rumah bordil. Mungkin di artikel berikutnya aku akan membahasnya. Terima
kasih sudah mengingatkanku."
Dan
seminggu kemudian, teman saya menepati janjinya. Tepat pada masa itu —tahun
delapan puluhan— ketika orang-orang mulai berbicara dan menulis tentang
antiperlawanan, tentang hak untuk menghakimi, menghukum, dan berperang; ketika
sebagian orang di kelompok kami mulai hidup tanpa pembantu, pensiun ke
pedesaan, bekerja di ladang, dan meninggalkan makanan hewani dan cinta kasih.
Sesudah
membaca artikel saudaranya, Vera Semyonovna merenung dan, nyaris tidak terlihat,
mengangkat bahunya.
"Bagus
sekali!" katanya. "Tapi masih banyak yang belum kumengerti. Misalnya,
dalam cerita Leskov7 'Milik Katedral', ada seorang tukang kebun aneh
yang menabur demi kebaikan semua orang —untuk pelanggannya, pengemis, dan siapa
pun yang ingin mencurinya. Apakah tindakannya bijaksana?"
Dari
nada dan ekspresi adiknya, Vladimir Semyonitch menyadari bahwa adiknya tidak
menyukai artikelnya, dan, untuk pertama kalinya dalam hidupnya, harga dirinya
sebagai penulis terguncang. Dengan sedikit rasa jengkel, dia menjawab:
"Mencuri
itu tidak bermoral. Menabur untuk pencuri sama saja dengan mengakui hak pencuri
untuk hidup. Bagaimana pendapatmu kalau aku mendirikan sebuah surat kabar dan,
dengan membaginya menjadi beberapa bagian, menyediakan rubrik untuk pemerasan
sekaligus ide-ide liberal? Mengikuti contoh tukang kebun itu, secara logis aku
seharusnya menyediakan rubrik untuk para pemeras, para bajingan intelektual?
Ya."
Vera
Semyonovna tidak menjawab. Dia bangkit dari meja, berjalan lesu ke sofa, dan
berbaring.
"Entahlah,
aku tidak tahu apa-apa tentang itu," katanya sambil merenung. "Kau
mungkin benar, tapi menurutku, entah bagaimana aku merasa, ada sesuatu yang
salah dalam perlawanan kita terhadap kejahatan, seolah-olah ada sesuatu yang
tersembunyi atau tidak terucapkan. Tuhan tahu, mungkin metode kita melawan
kejahatan termasuk dalam kategori prasangka yang sudah mengakar begitu dalam
dalam diri kita, sehingga kita tidak mampu melepaskannya, dan karena itu tidak bisa
membentuk penilaian yang tepat tentangnya."
"Apa
maksudmu?"
"Aku
tidak tahu bagaimana menjelaskannya kepadamu. Barangkali manusia keliru
berpikir bahwa dia wajib melawan kejahatan dan berhak melakukannya, sama
seperti dia keliru berpikir, misalnya, bahwa hati manusia berbentuk seperti hati
di kartu. Sangat mungkin dalam melawan kejahatan, kita seharusnya tidak
menggunakan kekerasan, melainkan menggunakan kebalikan dari kekerasan —kalau kau,
misalnya, tidak mau lukisan ini dicuri, kau seharusnya memberikannya daripada menyimpannya..."
"Pintar
sekali, sangat pintar! Kalau aku ingin menikahi perempuan kaya dan vulgar,
seharusnya dia mencegahku melakukan tindakan hina seperti itu dengan segera
melamarku!"
Kakak
beradik itu mengobrol hingga tengah malam tanpa saling memahami. Kalau ada
orang luar yang mendengar mereka, dia pasti akan kesulitan memahami apa yang sedang
mereka bicarakan.
Mereka
biasanya menghabiskan malam di rumah. Tidak ada rumah teman yang bisa mereka
kunjungi, dan mereka tidak merasa membutuhkan teman; mereka cuma pergi ke
teater ketika ada drama baru —begitulah kebiasaan di kalangan sastra— mereka
tidak pergi ke konser, karena mereka tidak menyukai musik.
"Kau
boleh berpikir sesukamu," Vera Semyonovna memulai lagi keesokan harinya,
"tapi bagiku, pertanyaan ini sudah hampir selesai. Aku yakin betul bahwa
aku tidak punya alasan untuk melawan kejahatan yang ditujukan kepadaku secara
pribadi. Kalau mereka ingin membunuhku, biarkan saja. Pembelaanku tidak akan
membuat si pembunuh lebih baik. Yang harus kuputuskan sekarang adalah bagian
kedua dari pertanyaan ini: bagaimana aku harus bersikap terhadap kejahatan yang
ditujukan kepada tetanggaku?"
"Vera,
hati-hati jangan sampai jadi gila!" kata Vladimir Semyonitch sambil
tertawa. "Aku lihat antiperlawanan sudah menjadi ‘idée fixe8’-mu!"
Dia
ingin mengakhiri percakapan yang membosankan ini dengan candaan, tapi entah
bagaimana itu lebih dari sekadar candaan; senyumnya dibuat-buat dan masam.
Adiknya berhenti duduk di samping mejanya dan menatap penuh kagum ke arah
tulisannya, dan setiap malam dia merasa di belakangnya, di sofa, ada orang yang
tidak sependapat dengannya. Punggungnya pun terasa kaku dan mati rasa, dan
jiwanya pun merinding. Kesombongan seorang penulis itu pendendam, keras kepala,
tidak bisa memaafkan, dan adiknya adalah orang pertama dan satu-satunya yang sudah
menyingkap dan mengusik perasaan gelisah itu, yang bagaikan kotak besar berisi
peralatan makan, mudah dibuka tapi mustahil untuk dikemas kembali seperti
semula.
Berminggu-minggu
dan berbulan-bulan berlalu, dan adik perempuannya tetap teguh pada
pendiriannya, dan tidak mau duduk di meja makan. Suatu malam di musim semi,
Vladimir Semyonitch sedang duduk di mejanya menulis sebuah artikel. Dia sedang
mengulas sebuah novel yang menggambarkan bagaimana seorang kepala sekolah desa
menolak laki-laki yang dicintainya dan
yang mencintainya, seorang laki-laki
kaya sekaligus intelektual, cuma karena pernikahan membuat pekerjaannya sebagai
kepala sekolah menjadi mustahil. Vera Semyonovna berbaring di sofa dan
merenung.
"Ya
Tuhan, betapa lambatnya!" katanya sambil meregangkan badan. "Betapa
hambar dan kosongnya hidup ini! Aku tidak tahu harus berbuat apa, dan kau
menyia-nyiakan tahun-tahun terbaikmu entah untuk apa. Seperti seorang alkemis,
kau mengobrak-abrik sampah tua yang tak diinginkan siapa pun. Ya Tuhan!"
Vladimir
Semyonitch menjatuhkan penanya dan perlahan melihat ke arah saudara
perempuannya.
"Sungguh
menyedihkan melihatmu!" kata adiknya. "Wagner9 di 'Faust'
menggali cacing, tapi dia sedang mencari harta karun, dan kau mencari cacing
demi cacing itu sendiri."
"Itu
masih belum jelas!"
"Ya,
Volodya; selama ini aku berpikir, aku sudah berpikir dengan keras untuk waktu
yang lama, dan aku sampai pada kesimpulan bahwa kau sangat reaksioner dan
konvensional. Ayolah, tanyakan pada dirimu sendiri apa tujuan dari kerja
kerasmu yang penuh semangat dan teliti itu? Katakan padaku, apa? Lagipula,
segala sesuatu yang bisa diekstraksi dari sampah tempat kau selalu
mengais-ngais itu sudah lama diekstraksi. Kau boleh menumbuk air dalam lumpang
dan menganalisisnya sesukamu, kau tidak akan menghasilkan apa pun selain yang sudah
dibuat oleh para alkemis...."
"Memang!"
seru Vladimir Semyonitch sambil berdiri. "Ya, semua ini sampah lama karena
ide-ide ini abadi; tapi apa yang kau anggap baru, kalau begitu?"
"Kau
bertekad untuk bekerja di bidang pemikiran; tugasmu adalah memikirkan sesuatu
yang baru. Bukan tugasku untuk mengajarimu."
"Aku
—seorang alkemis!" seru kritikus itu heran sekaligus geram, sambil
mengernyitkan matanya dengan ironis. "Seni, kemajuan —semua itu
alkimia?"
"Begini,
Volodya, menurutku kalau kalian semua pemikir itu bertekad memecahkan
masalah-masalah besar, semua pertanyaan kecil yang kalian ributkan sekarang
akan terpecahkan dengan sendirinya. Kalau kalian naik balon udara untuk melihat
sebuah kota, kalian akan, tanpa perlu bersusah payah, melihat ladang-ladang,
desa-desa, dan sungai-sungai juga. Ketika stearin10 diproduksi,
kalian akan mendapatkan gliserin11 sebagai produk sampingan.
Menurutku, pemikiran kontemporer sudah menetap di satu titik dan terpaku
padanya. Dia berprasangka, apatis, malu-malu, takut terbang tinggi, sama
seperti kita takut mendaki gunung yang tinggi; dia konservatif."
Percakapan
semacam itu tidak bisa tidak akan meninggalkan jejak. Hubungan kakak beradik
itu semakin tegang setiap hari. Sang kakak tidak bisa bekerja di hadapan
adiknya, dan menjadi mudah tersinggung ketika tahu adiknya berbaring di sofa,
memandangi punggungnya; sementara sang adik mengerutkan kening gugup dan
menggeliat ketika, mencoba mengingat masa lalu, dia mencoba berbagi
antusiasmenya. Setiap malam dia mengeluh bosan, dan berbicara tentang
kemandirian berpikir dan mereka yang terjebak dalam rutinitas tradisi.
Terhanyut oleh ide-ide barunya, Vera Semyonovna membuktikan bahwa pekerjaan
yang begitu asyik dilakukan kakaknya bersifat konvensional, bahwa itu adalah
upaya sia-sia dari pikiran-pikiran konservatif untuk melestarikan apa yang sudah
mendapat gilirannya dan menghilang dari peredaran. Dia tidak henti-hentinya
membandingkan. Dia pernah membandingkan kakaknya dengan seorang alkemis, lalu
dengan seorang orang tua yang beriman yang apatis yang lebih suka mati daripada
mendengarkan akal sehat. Lambat laun, ada perubahan yang nyata dalam cara
hidupnya juga. Dia bisa berbaring di sofa sepanjang hari tanpa melakukan apa
pun selain berpikir, sementara wajahnya menampakkan ekspresi dingin dan datar
seperti yang biasa terlihat pada orang-orang yang berat sebelah dalam hal
kepercayaan. Dia mulai menolak pelayanan para pelayan, menyapu dan merapikan
kamarnya sendiri, membersihkan sepatu botnya sendiri, dan menyikat pakaiannya
sendiri. Kakaknya tidak kuasa menahan diri untuk menatap wajahnya yang dingin
dengan jengkel dan bahkan benci ketika dia melakukan pekerjaan kasarnya. Dalam
pekerjaan itu, yang selalu dilakukan dengan kesungguhan tertentu, dia melihat
sesuatu yang dipaksakan dan palsu, dia melihat sesuatu yang munafik sekaligus
dibuat-buat. Dan tahu dia tidak bisa menyentuhnya dengan persuasi, dia mengomel
dan menggoda adiknya seperti anak sekolah.
"Kau
tidak melawan kejahatan, tapi kau melawan keinginanku untuk memiliki
pelayan!" ejeknya. "Kalau pelayan itu jahat, kenapa kau melawannya?
Itu tidak konsisten!"
Dia
menderita, marah, dan bahkan malu. Dia merasa malu ketika adiknya mulai
melakukan hal-hal aneh di depan orang-orang.
"Mengerikan
sekali, Kawan," katanya kepada saya, sambil melambaikan tangannya dengan
putus asa. "Sepertinya ‘gadis lugu’ kita merasa masih ada di dalam pertunjukan.
Dia sudah gila sampai ke sumsum tulangnya! Aku sudah cuci tangan, biarkan dia
berpikir sesuka hatinya; tapi kenapa dia bicara, kenapa dia merecokiku?
Seharusnya dia berpikir apa artinya bagiku mendengarkannya. Apa yang kurasakan
ketika di hadapanku dia dengan lancang mendukung kesalahannya dengan mengutip
ajaran Kristus dengan nada menghujat! Itu membuatku sesak! Aku geram mendengar adikku
mengemukakan doktrin-doktrinnya dan mencoba memutarbalikkan Injil demi
pendapatnya, padahal dia sengaja menahan diri untuk tidak menyebutkan bagaimana
para penukar uang diusir dari Bait Suci. Itulah, Kawan, akibat menjadi setengah
terpelajar, tidak berkembang! Itulah akibat studi kedokteran yang tidak mengajarkan
norma di masyarakat!"
Suatu
hari, sepulang dari kantor, Vladimir Semyonitch mendapati adiknya menangis. Dia
duduk di sofa dengan kepala tertunduk, meremas-remas tangannya, dan air mata
mengalir deras di pipinya. Hati sang kritikus yang baik berdebar-debar
kesakitan. Air mata pun jatuh dari matanya, dan dia ingin sekali memeluk
adiknya, memaafkannya, memohon ampun, dan menjalani hidup seperti biasa.... Dia
berlutut dan mencium kepala, tangan, dan bahunya.... Adiknya tersenyum,
tersenyum dengan getir, tidak bisa dijelaskan dengan kata-kata, sementara dia
melompat dengan teriakan kegirangan, mengambil buku dari meja, dan berkata
dengan hangat:
“Hore!
Kita akan hidup seperti biasa lagi, Verotchka! Dengan berkat Tuhan! Dan aku
punya kejutan untukmu! Daripada merayakannya dengan sampanye, ayo kita membaca
bersama! Sungguh luar biasa!”
"Oh,
tidak, tidak!" seru Vera Semyonovna, sambil mendorong buku itu dengan
cemas. "Aku sudah membacanya! Aku tidak mau, aku tidak mau!"
"Kapan
kau membacanya?"
"Setahun...
dua tahun yang lalu... aku membacanya dulu sekali, dan aku sudah tahu, aku sudah
tahu!"
"Hm!
Kau fanatik!" kata kakaknya dingin, sambil melemparkan buku itu ke atas
meja.
"Tidak,
kau yang fanatik, bukan aku! Kau!" Dan Vera Semyonovna kembali menangis
tersedu-sedu. Kakaknya berdiri di hadapannya, memandangi bahunya yang gemetar,
dan berpikir. Dia berpikir, bukan tentang penderitaan kesepian yang dialami
siapa pun yang mulai berpikir dengan cara barunya sendiri, bukan tentang
penderitaan yang tidak terelakkan dari sebuah revolusi spiritual sejati,
melainkan tentang kebiadaban rencananya, kebiadaban terhadap kesombongan sebagai
seorang penulis.
Sejak
saat itu, dia memperlakukan adiknya dengan dingin, dengan ironi yang ceroboh,
dan dia menerima kehadiran adiknya di ruangan itu seperti seseorang menerima
kehadiran perempuan tua yang bergantung padanya. Sementara itu, adiknya
berhenti berdebat dengannya dan menanggapi semua argumen, ejekan, dan
serangannya dengan diam yang merendahkan yang membuatnya semakin kesal.
Suatu
pagi di musim panas, Vera Semyonovna, yang sudah berpakaian rapi siap bepergian
dengan tas selempang di bahunya, menghampiri kakaknya dan dengan dingin mencium
keningnya.
"Kau
mau pergi ke mana?" tanyanya dengan heran.
"Ke
provinsi N untuk melakukan vaksinasi." Kakaknya keluar ke jalan
bersamanya.
"Jadi
itu keputusanmu, dasar gadis aneh," gumamnya. "Kau tidak butuh
uang?"
"Tidak,
terima kasih. Selamat tinggal."
Adiknya
menjabat tangan kakaknya dan berangkat.
"Kenapa
kau tidak naik kereta kuda?" teriak Vladimir Semyonitch.
Dia
tidak menjawab. Kakaknya menatapnya, memperhatikan penampilannya yang tampak
berkarat, tubuhnya yang bergoyang saat dia membungkuk, membuatnya mendesah, tapi
tidak berhasil membangkitkan rasa sesal. Adiknya sudah menjadi orang asing
baginya. Dan dia pun menjadi orang asing bagi adiknya. Lagipula, adiknya tidak menoleh
sama sekali.
Kembali
ke kamarnya, Vladimir Semyonitch segera duduk di meja dan mulai mengerjakan
artikelnya.
Saya
tidak pernah melihat Vera Semyonovna lagi. Di mana dia sekarang, saya tidak
tahu. Dan Vladimir Semyonitch terus menulis artikelnya, meletakkan karangan
bunga di peti mati, menyanyikan Gaudeamus, menyibukkan diri dengan
Perkumpulan Jurnalis Moskow.
Dia
menderita radang paru-paru; dia terbaring sakit di tempat tidur selama tiga
bulan —pertama di rumah, lalu di Rumah Sakit Golitsyn. Sebuah benjolan tumbuh
di lututnya. Orang-orang mengatakan bahwa dia seharusnya dikirim ke Krimea12,
dan mulai mengumpulkan sumbangan untuknya. Tapi dia tidak pergi ke Krimea —dia
meninggal dunia. Kami memakamkannya di Pemakaman Vagankovsky, di sisi kiri,
tempat para seniman dan sastrawan dimakamkan.
Suatu
hari, kami para penulis sedang duduk di restoran Tatar13. Saya
bercerita bahwa saya baru saja mengunjungi Pemakaman Vagankovsky dan melihat
makam Vladimir Semyonitch di sana. Makam itu benar-benar terbengkalai dan
hampir tidak terlihat, salibnya sudah jatuh; perlu mengumpulkan beberapa rubel
untuk merapikannya.
Tapi,
mereka mendengarkan apa yang saya katakan tanpa peduli, tidak menjawab, dan
saya tidak bisa mendapatkan sepeser pun. Tidak seorang pun mengingat Vladimir
Semyonitch. Dia benar-benar terlupakan.
***
Kalau Anda menyukai cerpen ini, Anda mungkin juga akan menyukai cerita pendek Anton Chekhov yang lain di sini; atau cerita pendek terjemahan dari penulis yang lain di sini.
***
Catatan
kaki:
1 Pince-nez: kacamata
tanpa gagang yang populer di abad-19.
2 St.Tatiana Day: Hari St. Tatiana –dinamai
menurut Santa Tatiana, seorang martir Kristen di Roma pada abad ke-3 pada masa
pemerintahan Kaisar Alexander Severus-- adalah hari libur di Rusia. Gereja
Ortodoks Rusia merayakan hari raya Santa Tatiana pada tanggal 12 Januari Julian,
yang bertepatan dengan tanggal 25 Januari Gregorian pada abad ke-20 dan ke-21.
Di Rusia, hari ini dikenal juga sebagai Hari Pelajar, yang memperingati akhir
sesi ujian musim dingin universitas.
3 Gaudeamus: lagu klasik Latin
yang sangat populer, terutama di kalangan akademis, dan sering dinyanyikan pada
upacara wisuda. Judul lengkapnya adalah Gaudeamus Igitur, yang berarti ‘jadi
mari kita bersukacita’. Lagu ini juga dikenal sebagai De Brevitate Vitae
yang berarti ‘singkatnya hidup’. Meskipun digunakan sebagai himne kelulusan
formal, komposisinya lucu dan ringan yang mengolok-olok kehidupan universitas.
Lagu ini diperkirakan berasal dari naskah Latin tahun 1287. Lagu ini ada dalam
tradisi carpe diem (‘rebut hari ini’) dengan nasihatnya untuk menikmati
hidup. Lagu ini dikenal sebagai lagu minum bir di banyak universitas awal dan
menjadi lagu resmi banyak sekolah, perguruan tinggi, universitas, lembaga,
perkumpulan mahasiswa dan menjadi lagu kebangsaan Federasi Olahraga Universitas
Internasional.
4 Ingénue: karakter perempuan muda
yang naif, polos, atau belum berpengalaman, seringkali dalam konteks teater
atau film.
5 Ivan Sergeyevich Turgenev (1818–1883): seorang novelis Rusia, penulis
cerita pendek, penyair, penulis drama, penerjemah dan orang yang mepopulerkan
sastra Rusia di Barat.
6 Bashi-bazouk:
secara harfiah berarti 'orang yang kepalanya berubah, kepala yang rusak, kepala
gila', secara kasar "tanpa pemimpin" atau "tidak tertib",
adalah seorang prajurit tidak tetap dari pasukan Ottoman, yang dibesarkan di
masa perang. Bashi-bazouk terkenal karena kebrutalannya dan tidak
disiplin, sehingga istilah ini memiliki arti kedua, yaitu "bandit yang
tidak disiplin" dalam banyak bahasa. Istilah ini juga sering ditemukan di
serial komik Petualangan Tintin, di mana kata tersebut sering digunakan sebagai
hinaan oleh Kapten Haddock.
7 Nikolai Semyonovich Leskov
(1831–1895): seorang novelis, penulis cerita pendek, pengarang drama, dan
jurnalis Rusia, yang juga menulis dengan nama samaran M. Stebnitsky. Dipuji
karena gaya penulisannya yang unik dan eksperimen inovatif dalam bentuk, dan
sangat dihormati oleh Leo Tolstoy, Anton Chekhov, dan Maxim Gorky, karena
Leskov dianggap sudah menciptakan gambaran komprehensif tentang masyarakat
Rusia kontemporer menggunakan bentuk-bentuk sastra yang sebagian besar pendek.
8 Idée
fixe: istilah bahasa
Prancis yang secara harfiah berarti "ide tetap" atau obsesi.
9 Wilhelm Richard Wagner (1813–1883):
seorang komponis, sutradara teater, penulis esai, dan konduktor berkebangsaan
Jerman, yang paling dikenal karena opera —meskipun karya-karyanya yang matang
sering disebut sebagai drama musikal.
10 Stearin: senyawa kimia yang
termasuk dalam kelompok trigliserida, terutama terdiri dari campuran asam lemak
jenuh seperti asam stearat dan asam palmitat. Biasanya diperoleh dari
proses fraksinasi minyak nabati, khususnya minyak sawit, dan sering disebut sebagai stearin
sawit atau palm stearin.
11 Gliserin: juga dikenal
sebagai gliserol, adalah senyawa alami yang berasal dari minyak
nabati atau lemak hewani. Senyawa ini berupa cairan bening, tidak
berwarna, tidak berbau, dan memiliki rasa manis. Gliserin banyak digunakan
dalam berbagai produk, termasuk produk perawatan kulit, obat-obatan, dan
makanan, karena sifatnya yang menghidrasi dan mengentalkan.
12 Krimea dalam karya-karya Chekhov,
khususnya Yalta, digambarkan sebagai tempat wisata rekreasi dan kesehatan,
mirip dengan kota-kota spa di Eropa. Ini adalah tempat orang kaya mencari
perlindungan dari musim dingin dan penyakit di utara, tapi juga tempat kebosanan
dan rasa kehilangan tujuan bisa menyusup.
13 Tatar adalah nama kelompok etnis Turki yang sebagian besar tinggal di wilayah Volga-Ural Rusia. Mereka adalah kelompok etnis terbesar kedua di Rusia, dengan populasi yang signifikan tinggal di Republik Tatarstan. Tatarstan, juga terkadang disebut Tataria, adalah sebuah republik di Rusia, dengan ibu kota sekaligus kota terbesarnya adalah Kazan. Bahasa Tatar termasuk dalam rumpun bahasa Turki, dan mayoritas orang Tatar adalah Muslim Sunni.

Comments
Post a Comment